Find Us On Social Media :

Tak Semua Penyu Melakukan Perjalanan Keliling Dunia

By Axel Natanael Nahusuly, Rabu, 5 Maret 2014 | 15:00 WIB

Tak Semua Penyu Melakukan Perjalanan Keliling Dunia

Intisari-Online.com - Jika mengacu pada penelitian para ilmuan, seharusnya semua bayi penyu yang lahir akan pergi ke lautan lepas untuk melakukan perjalanan yang sangat jauh. Namun, ternyata tidak semua bayi penyu melakukan perjalanan keliling dunia setelah mereka menetasMelalui pemantauan satelit diketahui bahwa beberapa bayi penyu keluar atau gagal melakukan perjalanannya.

Sudah sejak lama para ilmuwan menduga bahwa tidak semua penyu muda memasuki arus besar yang biasa disebut North Atlantic Subtropical Gyre, sebuah arus yang mengelilingi lautan. Penyu yang masuk ke arus itu biasanya akan kembali ke tempat asal mereka setelah satu atau dua tahun perjalanannya.

“Kami melihat banyak penyu melakukan pergerakan yang sama, sesuai perkiraan jalan hidup penyu. Namun, beberapa diantaranya ada pula yang menghilang selama beberapa tahun,” kata Kate Mansfield, seorang ahli biologi laut dari salah satu universitas di Florida.

Penelitian ini dilakukan oleh para ahli biologi laut dengan memasangkan radar pada penyu untuk mengetahui lokasi, kedalaman, dan suhu tempat penyu itu berada. (livescience.com)