Find Us On Social Media :

Selamatkan Diri Anda saat Gempa dengan Melakukan Ini

By Muhammad Fauzan Aziz, Sabtu, 5 April 2014 | 12:00 WIB

Selamatkan Diri Anda saat Gempa dengan Melakukan Ini

Intisari-Online.com – Persiapan yang matang adalah kunci untuk anda, agar bisa selamat dari gempa bumi.  Persiapan pra-gempa bisa dimulai, dengan rutin melakukan pelatihan darurat gempa, mempersiapkan jalur evakuasi, mengumpulkan nomor-nomor penting yang bisa dihubungi, sampai mengumpulkan bahan makanan sebanyak tiga hari kedepan.(baca juga: Mengukur Kekuatan Gempa

Jika persiapan pra-gempa sudah dilakukan dan gempa benar-benar terjadi, ada beberapa hal yang anda harus perhatikan, panduan selamat saat gempa bisa berbeda, tergantung dimana anda sedang berada.

Di dalam ruangan

Jika anda di dalam ruangan, tetap berada di dalamnya. Saat gempa sedang berlangsung, jangan berlari keluar atau ke ruangan lainnya.

Anda juga tidak disarankan untuk berlindung di balik pintu, tempat berlindung paling baik adalah di bawah meja. Berlindunglah untuk selamat saat gempa sambil menutupi kepala dengan tangan anda.

Di luar ruangan

Jangan bergerak, tetap di luar ruangan jika anda memang berada di sana. Berlindung dengan meniarapkan diri anda, hindari tembok-tembok sekitar yang berisiko rubuh.

Anda disarankan untuk mencari tempat lapang, berarti anda harus menghindari tiang listrik, objek arsitektur, sampai pipa gas.

Di dalam mobil

Jika mobil anda dalam keadaan berjalan, jangan panik, berhenti perlahan di tempat yang aman. Hati-hati terhadap pohon yang tumbang dan jalanan pecah.

Setelah anda berhenti, tarik rem tangan anda, hal ini berguna untuk membuat mobil anda tidak berjalan akibat gempa.

Nyalakan radio untuk mengetahui informasi seputar lingkungan anda yang terkena gempa, informasi tersebut sangat penting, karena terkait jalur evakuasi, seberapa besar dampak kerusakan, dan dimana pos-pos evakuasi akan ditempatkan. (livescience.com)