Find Us On Social Media :

Awas, Dapur Nyaman Berkorelasi dengan Nafsu Makan Berlebih!

By Moh Habib Asyhad, Minggu, 6 April 2014 | 09:30 WIB

Awas, Dapur Nyaman Berkorelasi dengan Nafsu Makan Berlebih!

Intisari-Online.com - Apakah kita pernah berpikir: dapur nyaman yang bersih mempunyai hubungan erat dengan tingginya nafsu makan? Sebuah riset yang diterbitkan dalam jurnal Annual Reviews of Nutrition menyebut, arsitektur dan dekorasi dapur berpengaruh terhadap bentuk badan seseorang, terutama pemilik rumah.

Seperti dilansir Prevention, dibandingkan 35 tahun lalu, rumah zaman sekarang umumnya memiliki dapur yang lebih luas. Ini membuat dapur tidak hanya digunakan untuk memasak, tapi juga melakukan sejumlah aktivitas lainnya.

Banyak rumah yang merancang area dapur menyatu dengan ruang makan. Akibatnya, kita dan anggota keluarga yang lainnya banyak melakukan kegiatan seperti misalnya membaca majalah, mengerjakan tugas, hingga menemani anak menyelesaikan pekerjaan rumah di dapur. Kebiasaan ini justru mendorong nafsu makan, misalnya mengudap karena letak makanan yang begitu dekat. Tanpa disadari, kita sudah melahap satu toples kue kering dan tiga kaleng soda dingin.

Makanan dalam toples bening juga penyebab nafsu makan meningkat

Menurut Evelyn Tribole, RD, Motivator Gaya Hidup Sehat, sebaiknya jangan menempatkan televisi dan telepon di dapur. Sebab, kegiatan menonton dan berbicara di telepon dalam waktu yang lama, membuat seseorang lebih nafsu makan.

Evelyn juga menyarankan untuk mematikan lampu dapur bila sedang tidak digunakan. Di samping untuk menghemat energi, ini juga mencegah kita untuk sering “mampir” dan “berburu” camilan manis di dapur, yang pada akhirnya membuat berat badan terus melonjak menuju angka yang semakin tinggi.

Sejatinya ada beberapa cara yang lain yang patut kita coba. Contoh yang paling simpel adalah menghindari menyimpan makanan favorit dalam toples bening. Riset membuktikan, nafsu makan seseorang meningkat ketika melihat makanan favorit ataupun yang terlihat menggiurkan secara jelas dan langsung. (Syafrina Syaaf|kompas.com)