Find Us On Social Media :

Tony Abbot: Sinyal yang Kami Deteksi Berasal dari Malaysia Airlines MH370

By Ade Sulaeman, Jumat, 11 April 2014 | 19:45 WIB

Tony Abbot: Sinyal yang Kami Deteksi Berasal dari Malaysia Airlines MH370

Intisari-Online.com - Perdana Menteri Australia Tony Abbott, Jumat (11/4/2014), mengatakan, ia "sangat yakin" bahwa sejumlah sinyal yang terdeteksi dalam pencarian pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang berasal dari kotak hitam pesawat itu.

"Kami sudah sangat mempersempit wilayah pencarian dan kami sangat yakin bahwa sejumlah sinyal yang kami deteksi berasal dari kotak hitam," kata Abbott dari Tiongkok.(Baca juga: Pakar: Kotak Hitam Belum Tentu Bisa Pecahkan Misteri Hilangnya Malaysia Airlines MH370

Australia telah memimpin pencarian pesawat Boeing 777 itu, yang hilang pada 8 Maret dalam perjalanan dari Kuala Lumpur ke Beijing, sejak operasi pencarian dipindahkan ke Samudra Hindia.

Lebih dari 100 penerbangan di atas daerah terpencil di lepas pantai barat Australia sejauh ini gagal menemukan satu pun keping dari puing pesawat itu, tetapi empat sinyal atau "ping" yang terkait kotak hitam pesawat telah terdeteksi oleh sebuah kapal Australia. Dua sinyal pertama, yang ditangkap kapal Australia Ocean Shield yang menggunakan peralatan AS, telah dianalisis sebagai sesuai dengan sinyal yang berasal dari perekam data kotak hitam pesawat.(Baca juga: Misteri ‘Ping’ Terakhir Malaysia Airlines MH370

Ketika berbicara di Shanghai, Tony Abbott mengatakan bahwa area pencarian kini telah "sangat dipersempit karena kami sekarang punya serangkaian deteksi, sebagian untuk jangka waktu yang cukup panjang".

"Namun, kami sampai ke tahap di mana kami sangat yakin sinyal itu berasal dari kotak hitam Malaysia Airlines MH370 yang mulai memudar," ujarnya dalam komentar yang disiarkan di Sky News. "Kami berharap untuk mendapatkan informasi sebanyak yang kami bisa sebelum sinyal itu akhirnya hilang."