Find Us On Social Media :

Suntikan Darah Tikus Muda Bantu Remajakan Tikus Tua

By Chatarina Komala, Selasa, 6 Mei 2014 | 17:00 WIB

Suntikan Darah Tikus Muda Bantu Remajakan Tikus Tua

Intisari-Online.com - Para ilmuwan mengungkapkan, suntikan darah tikus muda mampu membantu meremajakan tikus tua. Adapun suntikan darah tikus muda atau kandungan zat melimpah dalam darah yang lebih muda, mampu membuat tikus tua menjadi lebih kuat, berumur panjang, dan menunjukkan kesehatan mental yang lebih baik.(Baca juga: Tikus Bertubuh Ramping Bisa Hidup Lebih Lama)Suatu saat nanti, jika penelitian ini berjalan lebih baik, temuan ini diharapkan dapat menciptakan cara untuk mengobati beberapa kelemahan usia tua pada manusia. Namun untuk saat ini, para ilmuwan memperingatkan untuk tidak melakukan hal ini sendiri."Jangan coba ini di rumah," kata Saul Villeda dari University of California, San Fransisco, seorang penulis dari salah satu makalah yang dipublikasikan secara online pada hari Minggu oleh jurnal Nature Medicine and Science. Saul sendiri melakukan penelitian terhadap tikus-tikus yang dianggap "setara" umurnya dengan orang-orang berusia 20-an dan 60-an. Selanjutnya, para ilmuwan berulang kali menyuntik tikus tua itu dengan darah dari hewan muda atau tikus berusia muda lainnya. Hasilnya, tikus yang mendapat darah muda mampu belajar dan melewati tes momori lebih baik daripada tikus yang diberi darah yang lebih tua. Villeda mengatakan, para ilmuwan sedang mencoba untuk mencari tahu mengapa darah muda tikus bisa membuat perbedaan yang signifikan. Sementara itu, dua makalah lain, dari Harvard University berfokus pada kandungan zat melimpah yang ada dalam darah tikus muda dibanding tikus tua. Kandungan protein yang disebut dengan GDF11 pun ditemukan.Amy Wagers, penulis dari dua makalah tersebut mengungkapkan, protein GDF11  juga ditemukan dalam darah manusia, dan konsentrasinya juga menurun seiring berjalannya usia. Rata-rata, penuaan tikus yang mendapat suntikan itu menunjukkan kekuatan untuk "mencengkeram" yang lebih besar dan daya tahan di atas treadmill lebih kuat daripada tikus yang tidak diobati.   (Baca juga: Ekstrak Keladi Tikus Bisa Menjadi Antikanker dan Antivirus

Para ilmuwan Harvard juga menemukan, mengekspos tikus yang lebih tua dengan darah tikus muda menghasilkan lebih banyak pembuluh darah dan aliran darah di otak. Ini membuktikan, suntikan darah tikus muda mampu membantu meremajakan tikus tua.Suntikan GDF11 sendiri memiliki efek yang sama. Lee Rubin, penulis studi, mengatakan bahwa hasil tersebut mungkin menunjukkan, penelitian lebih lanjut dapat membantu menciptakan cara untuk mengobati penurunan mental yang berhubungan dengan usia dan mungkin demensia pada seseorang. 
Namun, Wagers dan Villeda mengatakan, tidak jelas apakah GDF11 mampu menjelaskan hasil studi Villeda itu. Wagers juga menduga, ada zat lain dalam darah juga dapat membantu proses penuaan hewan. (ABCNews)