Find Us On Social Media :

Manfaat Jatuh Cinta: Meredakan Kecemasan dan Depresi

By Birgitta Ajeng, Selasa, 13 Mei 2014 | 12:00 WIB

Manfaat Jatuh Cinta: Meredakan Kecemasan dan Depresi

Intisari-Online.com - Ada banyak hal aneh terjadi gara-gara jatuh cinta. Orang bisa senyum-senyum sendiri atau malah bunuh diri karena cinta. Sebuah studi terbaru juga menemukan, manfaat jatuh cinta yaitu mampu meredakan kecemasan dan depresi.

(Baca juga: Cinta Datang Bukan dari Hati)

Sebuah studi yang dilakukan oleh psikolog dari German Universities menemukan, orang yang sudah lama menjalin hubungan dengan orang yang dicintai akan merasakan efek positif dalam waktu cukup lama. Selain itu, jatuh cinta juga dapat mengurangi neurotisisme, yaitu kecenderungan untuk mengalami emosi negatif seperti kecemasan, kemarahan, depresi, dan rasa bersalah.

“Kami mampu menunjukkan bahwa emosi mereka lebih stabil saat menjalin hubungan dengan orang yang dicintai,” kata psikolog yang studinya diterbitkan di dalam Journal of Personality.

Dalam studi ini, peneliti menganalisis 245 pasangan berusia 18-30 tahun. Peneliti hendak melihat hubungan antara neurotisme dan kepuasan hubungan.

(Baca juga: Inilah Tanda Anda Sedang Jatuh Cinta (01))

Para peneliti menemukan, semakin lama seseorang berasa dalam suatu hubungan, semakin sedikit mereka berpikir atau bersikap negatif. Wajar saja kalau ada orang berubah menjadi lebih bahagia setelah menjalin hubungan cukup lama dengan pasangannya, karena manfaat jatuh cinta yaitu mampu meredakan kecemasan dan depresi. (Daily Mail)