Find Us On Social Media :

Siapakah Heinrich Himmler, yang Bajunya Digunakan Ahmad Dhani?

By Ade Sulaeman, Rabu, 25 Juni 2014 | 20:30 WIB

Siapakah Heinrich Himmler, yang Bajunya Digunakan Ahmad Dhani?

Intisari-Online.com – Media Jerman menyoroti Ahmad Dhani dalam video lagu dukungan untuk Prabowo-Hatta. Dalam video itu, Ahmad Dhani menggunakan simbol Nazi, berupa seragam salah seorang pemimpin Nazi, terutama Heinrich Himmler. Lalu siapakah Heinrich Himmler?

Heinrich Himmler lahir di Munich, Jerman, 7 Oktober 1990, anak seorang guru sekolah. Dia bertugas di tentara Jerman pada akhir Perang Dunia Pertama dan kemudian memiliki beragam pekerjaan, termasuk menjadi peternak ayam.(Baca juga: Tentara Nazi Pembunuh 335 Orang Itu Tutup Usia

Dia mulai terlibat di Partai Nazi pada awal 1920-an dan ambil bagian dalam kudeta “beer hall” pada 1923. Himmler bertindak sebagai pemimpin propaganda partai Nazi antara 1926-1930. Pada 1929, dia dia didapuk menjadi kepala SS, bodyguard pribadi Adolf Hitler, dan beberapa tahun kemudian terpilih sebagai Reichstag, anggota parlemen Jerman.

Setelah Nazi berkuasa di German pada 1933, Himmler menjadi kepala polisi di Munich dan kepala polisi politik di Bavaria. Dia menggunakan posisinya untuk membangun negara di dalam negara, memperluas SS dan mendirikan otonominya di dalam Nazi dan dominasinya di Jerman.

Pada 1933, dia mendirikan Dachau, kamp konsentrasi pertama Nazi. Pada 1936, dia melakukan manuver yang membawa dirinya menjadi kepala polisi nasional yang baru.

Himmler terobsesi pada pemurnian ras di Jerman dan mendorong program “pembiakan” ras Aria. Pecahnya Perang Dunia II memungkinkan Himmler untuk mengejar rencana pemurnian ras, memusnahkan bangsa Yahudi dan apa yang disebut “Sub-Manusia” lainnya.

Setelah Jerman menginvasi Polandia, Heinrich Himmler diberi kuasa penuh untuk menganeksasi negara. Lebih dari satu tahun, satu juta orang Polandia dan 300.000 orang Yahudi telah dipaksa keluar dan diganti dengan pemukiman Jerman.

Pada Juni 1941, ketika Jerman menginvasi Uni Soviet, Himmler mengendalikan tidak hanya polisi, namun juga kebijakan administrasi dari wilayah yang diduduki Jerman, termasuk sistem kamp konsentrasi.(Baca juga: Martin Bormann, Sekretaris di Balik Keperkasaan Nazi dan Hitler

Pada 1943, Hitler menunjuk Himmler sebagai menteri “interior”. Dalam posisi ini, dia mengawasi “solusi akhir”, upaya untuk memusnahkan semua orang Yahudi di Eropa, dan mengelola sistem kerja paksa.

Namun ketika kekalahan Jerman terasa semakin dekt, Himmler mencoba bernegosiasi dengan pihak Sekutu. Hitler marah dan memecat Himmler dari seluruh jabatannya.

Setelah Jerman akhirnya benar-benar menyerah, Himmler mencoba melarikan diri dengan identitas palsu, namun tertangkap oleh tentara Sekutu. Pada 23 Mei 1945, Heinrich Himmler bunuh diri di tahanan.

Jadi rasanya tak salah saat Ahmad Dhani menggunakan simbol Nazi, yaitu seragam Heinrich Himmler, media Jerman langsung menyorotnya. (BBC)