Find Us On Social Media :

Suara Bising Pesawat Jet

By K. Tatik Wardayati, Minggu, 29 Juni 2014 | 16:00 WIB

Suara Bising Pesawat Jet

Intisari-Online.comSuara bising pesawat jet yang mendarat penyebabnya bukan cuma suara mesin, tapi juga tabrakan udara dengan sayap, badan, juga ekor pesawat. Kondisi seperti ini diperlukan karena pesawat membutuhkan pengereman secara lembut tanpa ada hambatan ketika mendarat.

Sesungguhnya suara bising pesawat jet dapat dikurangi. Para peneliti dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) di AS melakukan inovasi untuk mengurangi kebisingan suara pesawat jet dengan alat yang disebut swirl tube (tabung putaran angin).

Tabung putaran angin ini dipasang pada ujung-ujung sayap pesawat. Saat uji coba, di terowongan angin di laboratorium miliki kampus MIT dan di badan antariksa AS (NASA) mampu melakukan pengereman pesawat secara maksimal tanpa suara bising.

Di dalam tabung putaran angin terdapat semacam baling-baling yang posisinya dapat diatur. Ketika terbang ia akan terbuka membiarkan udara lewat, dan saat mendarat posisinya menutupi aliran udara lewat. Agar hasilnya maksimal, tabung diletakkan di ujung sayap pesawat dan dapat diatur mengikuti manuver pesawat. Hasilnya pesawat lebih irit BBM. Nantinya, baling-baling juga akan dipasang pada saluran buang mesin jet, yang membuat kerja mesin semakin efisien lagi. (Intisari)