Find Us On Social Media :

Istilah-istilah Populer saat Bulan Puasa

By Ulfa Karina, Minggu, 13 Juli 2014 | 10:00 WIB

Istilah-istilah Populer saat Bulan Puasa

Intisari-Online.com - Bulan Ramadhan selalu identik dengan kegiatan-kegiatan positif dan berlomba-lomba memperbanyak amal ibadah agar puasa selama sebulan penuhnya mendapat berkah. Bulan Ramadhan juga sering diselingi dengan berbagai istilah-istilah yang membuat kita bertanya-tanya. Berikut istilah-istilah populer saat bulan puasa.

Ta’jil atau Takjil secara bahasa memiliki arti menyegerakan. Ta’jil saat bulan Ramadhan berarti menyegerakan waktu berbuka puasa. Jadi, ketika sudah memasuki waktu Maghrib segeralah berbuka dengan seteguk air. Di Indonesia sendiri Ta’jil memiliki makna lain yaitu ‘hidangan saat berbuka puasa’.

Ngabuburit istilah ini adalah bahasa umum yang sering kita dengar berasal dari bahasa sunda dengan asal kata burit, yang berarti senja. Ngabuburit sendiri adalah waktu untuk menunggu waktu berbuka. Biasanya diisi dengan kegiatan postif seperti mengaji dan mendengarkan ceramah sambil menunggu waktu berbuka puasa. Tapi di Indonesia kebanyakan ngabuburit dilakukan dengan berjalan-jalan disekitar tempat tinggal sambil mencari makanan untuk berbuka puasa.(Baca Juga : Cafe Teduh, Alternatif Ngabuburit di Denpasar)Bukber, sering dengar kata bukber ketika bulan Ramadhan? Bukber sebenarnya adalah singkatan dari Buka Bersama, maksudnya adalah kegiatan buka puasa secara bersama-sama, dengan keluarga atau dengan teman-teman. Bukber sendiri biasa dilakukan di rumah, restoran, panti asuhan atau tempat-tempatlainnya.

Puasa Bedug, sebenarnya ini bukan puasa sesungguhnya, karena puasa ini hanya sampai pada saat tengah hari atau adzan Dzuhur tiba. Puasa ini adalah metode yang diajarkan kepada anak-anak yang baru belajar berpuasa, ketika mereka sudah belajar berpuasa selama setengah hari, dengan sendirinya mereka akan malu dengan anak lain yang sudah mulai belajar berpuasa secara satu hari penuh yaitu hingga maghrib. lalu ada SOTR atau Sahur On The Road, yaitu kegiatan membagi-bagikan makanan kepada orang-orang kurang mampu yang ada di jalan-jalan untuk santap sahur, biasanya kegiatan ini dilakukan secara berkelompok, dari suatu komunitas tertentu. Pada dini hari atau pada saat sahur ditandai dengan konvoi kendaraan yang berkeliling di jalanan. 

Yang terakhir adalah Kurma, yakni buah atau makanan yang berasal dari timur tengah yang sering dijumpai ketika bulan Puasa. Makanan ini memiliki banyak manfaat, sangat manis dan mengenyangkan.

Demikianlah istilah-istilah populer saat bulan puasa yang akrab di telinga kita, jadi jangan bingung lagi ya.