Find Us On Social Media :

Kanguru Berjalan dengan Bantuan Ekornya

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 9 Juli 2014 | 07:00 WIB

Kanguru Berjalan dengan Bantuan Ekornya

Intisari-Online.com – Apakah karena kakinya kepanjangan? Makanya, kanguru berjalan dengan bantuan ekornya.

Lima kaki lebih baik dari empat untuk kanguru. Sebuah penelitian baru menemukan bahwa kanguru menggunakan ekornya sebagai tambahan kaki saat berjalan.

Meskipun kanguru terkenal dengan lompatannya, mereka sebenarnya lebih sering berjalan pada keempat kakinya, termasuk kaki depan mereka yang kecil. Disebut dengan “pentapedal”, kanguru pun berjalan dengan bantuan ekornya, demikian laporan para peneliti dalam jurnal Biology Letters.

“Ketika kanguru berjalan dengan pentapedal, mereka menghabiskan lebih banyak waktu demikian daripada melompat, mereka menggunakan ekor sama seperti kaki,” kata peneliti Shawn O’Connor, dari Simon Frasier University di Kanada. Bahkan, kanguru lebih banyak melakukan gerakan dengan ekor mereka seperti yang kita lakukan dengan salah satu kaki kita.

Penelitian yang dilakukan oleh O’Connor ini untuk mempelajari secara rinci bagaimana manusia dan hewan bergerak sebagai upaya untuk membuat kaki palsu dan terapi bagi orang yang mengalami stroke atau cedera yang mengganggu aktivitas mereka.

Proses berjalan pentapedal seperti kanguru, memberikan solusi masalah biomekanik yang sama untuk diterapkan. Para peneliti telah mengamati bagaimana kanguru berjalan dengan bantuan ekornya ketika berjalan pentapedal, meski alasannya tetap menjadi misteri.

(Baca juga: Alasan Kantung Kanguru Menghadap ke Depan)

Para peneliti mengamati tingkah laku kanguru, merekamnya untuk menentukan kapan kaki dan ekor menyentuh tanah. Dalam sistem berjalan pentapedal, rupanya kanguru menggerakkan kaki depan mereka bersama-sama dan kemudian menurunkan ekor mereka sehingga seperti tripod, sementara mereka mengayunkan kaki belakang yang besar ke depan.

Hasil penelitian juga menunjukkan ekor kanguru menghasilkan kekuatan yang lebih sebagai pendorong daripada tungkai depan dan belakang yang bekerja untuk jalan kanguru ke depan.

Lompatan kanguru itu sangat cepat, kuat, dan efisien, demikian menurut para peneliti. Mereka berjalan, namun di sisi lain, tanpa canggung mereka melompat dengan anggun. Tapi yang membuat kanguru berjalan dengan bantuan ekornya. (livescience)