Find Us On Social Media :

Manfaat Cacing Tanah Bagi Kehidupan

By Ulfa Karina, Sabtu, 12 Juli 2014 | 16:00 WIB

Manfaat Cacing Tanah Bagi Kehidupan

Intisari-Oniline.com - Cacing Tanah (Lumbricus Rubellus) memang memiliki bentuk yang memang tidak menarik, namun ternyata cacing tanah memiliki manfaat bagi kehidupan manusia dalam berbagai bidang.

Manfaat cacing tanah di dunia kesehatan adalah sebagai antipiretik yaitu penghilang demam. Dalam pengobatan tradisional Cina, cacing tanah memang terkenal berkhasiat menurunkan demam dan sebagai obat penyakit tifus. Cacing tanah memiliki senyawa aktif sebagai antipiretik setelah diekstrak. (Baca Juga : Menyelamatkan Bumi dengan Kotoran Cacing)

Cacing tanah juga mempengaruhi kesuburan dan produktivitas tanah. Cacing mampu menggemurkan tanah dengan mencampurkan bahan organik pasir ataupun bahan antara lapisan atas dan bawah. Aktivitas ini menyebabkan bahan organik tercampur lebih merata. Belum lagi kotorannya yang mampu meningkatkan unsur hara.

Lubang bekas cacing tanah memiliki kemampuan memperbaiki fungsi aerasi dan juga drainase yang dapat membantu petani dalam mengairi sawahnya.

Dalam hal menjaga lingkungan, cacing tanah berperan dalam sustainable agriculture karena mampu mengurangi kandungan pupuk kimia di dalm tanah serta air tanah.(Baca Juga : Ayo, Buat Kompos Sendiri)

Di dunia kecantikan dan kesehatan, cacing tanah memainkan peran melalui kandungan asam amino yang, menurut penelitian, lebih tinggi dibandingkan ikan dan daging.

Jadi, dibalik bentuk aneh, cacing tanah memiliki manfaat bagi kehidupan.