Find Us On Social Media :

Posting Foto Selfi di Facebook Bikin Wanita Kurang Menarik dan Cerdas

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 17 Juli 2014 | 11:00 WIB

Posting Foto Selfi di Facebook Bikin Wanita Kurang Menarik dan Cerdas

Intisari-Online.com – Wanita yang memposting foto-foto dirinya dalam media sosial dipandang kurang menarik oleh wanita lain, demikian temuan para peneliti. Posting foto selfi di Facebook bikin wanita kurang menarik dan cerdas di mata wanita lain.

Para peneliti menemukan mereka yang memposting foto seksi atau mengungkapkannya di situs media sosial seperti Facebook yang dilihat oleh rekan-rekan wanita mereka dianggap kurang menarik secara fisik dan sosial dan kurang kompeten untuk melakukan tugas. Untuk menguji penelitian ini, para peneliti menyiapkan serangkaian profil Facebook palsu.

Begitu banyak gadis remaja dan wanita muda menggambarkan diri mereka sebagai wanita seksi, lantas berbagi foto diri di media sosial. Sayangnya konsekuensi yang didapat lebih banyak negatifnya daripada yang positif.

Dibandingkan mereka yang memposting foto yang lebih sehat, meski mungkin kehilangan manfaat sosial, termasuk perhatian dari anak laki-laki. Media sosial pun banyak dilakukan oleh para pria. “Kita perlu memahami apa yang mereka lakukan secara online dan bagaimana mempengaruhi konsep diri dan harga diri mereka,” jelas Elizabeth Daniels dari Oregon State University, pemimpin penelitian, seperti dikutip Dailymail.

(Baca juga: Facebook Pengaruhi Harga Diri)

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Psycology of Popular Media Culture ini diminta untuk menilai daya tarik fisik seseorang, daya tarik sosial, dan kompetensi tugas, pada skala 1 – 7, dengan nilai satu adalah sangat tidak setuju dan 7 sangat setuju.

Dari penilaian itu, profil non-seksi dinilai lebih tinggi, yang menunjukkan bahwa orang yang melihat foto orang lain tidak lebih cantik, lebih mungkin membuat temannya baik dan lebih mungkin dalam menyelesaikan tugas. Perbedaan terbesar adalah di bidang kompetensi tugas, yang menunjukkan kemampuan seorang wanita muda dipengaruhi oleh foto seksi.

Saran Daniels, untuk anak perempuan dan pria muda adalah memilih foto yang diposting di media sosial dengan menampilkan identitas mereka daripada penampilannya. Misalnya menyoroti hobi travelling atau keikutsertaan mereka dalam olahraga.

Saran Daniels 'untuk anak perempuan dan perempuan muda untuk memilih foto media sosial yang menampilkan identitas mereka daripada penampilannya. Karena posting foto selfi di Facebook bikin wanita kurang menarik dan cerdas di mata orang lain. Lebih baik bila memposting foto seperti hobi travelling atau yang menyoroti partisipasi dalam olahraga atau hobi lain.

“Jangan difokuskan terlalu berat pada penampilang,” kata Daniels. Fokuskan pada siapa diri Anda sebagai seseorang dan apa yang Anda lakukan di dunia.