Find Us On Social Media :

Kenapa Perut Bisa Kembung ?

By Ulfa Karina, Senin, 21 Juli 2014 | 10:30 WIB

Kenapa Perut Bisa Kembung ?

Intisari-online.com-Ketika perut kita kembung pekerjaan menjadi terganggu karena perut terus-menerus seperti berisi udara yang banyak, tentu kondisi ini menggangu. Lantas kenapa perut bisa kembung?

Perut kembung merupakan salah satu gejala dari sindrom gangguan perut (Irritable Bowel Syndrome). Perut kembung mengindikasikan usus yang iritasi pada suatu rangsangan. Kondisi ini berarti memberi sinyal pada tubuh  bahwa ada yang tidak beres dengan sistem pencernaan kita.

Ada dua jenis perut kembung, kembung subjektif dimana kembung hanya bisa dirasakan oleh orang yang mengalaminya tapi tidak terlihat biasanya terjadi di lambung, dan kembung objektif ditandai dengan perut buncit karena ada udara yang berkumpul didalam usus. Hal ini terjadi karena gangguan peristaltik didalam sistem pencernaan kita.

(Baca Juga : Makanan Penyebab Perut Kembung)       

Penyebab perut kembung bisa terjadi karena banyak udara yang ditelan. Terlalu banyak mengkonsumsi minuman soda, atau terlalu lama mengunyah permen karet. Kekurangan enzim Laktosa yang berfungsi menyerap gula juga berpotensi menimbulkan kembung yang berujung diare.

Belakangan diketahui stress, gelisah dan cemas berlebihan juga mempengaruhi terjadinya perut kembung.

(Baca Juga : Makanan Peredam Perut Kembung)

    

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi perut kembung seperti, mengurangi konsumsi alkohol dan tembakau, tidak minum terlalu banyak ketika makan, menghindari makan makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin, kurangi stress. Dan pilihlah makanan yang tidak menimbulkan gas berlebih didalam lambung sehingga bisa terhindar dari gangguan perut kembung yang menghambat aktifitas sehari-hari.