Find Us On Social Media :

Berteman dengan DNA yang Sama

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 19 Juli 2014 | 19:00 WIB

Berteman dengan DNA yang Sama

Intisari-Online.com – DNA seseorang tidak hanya berperan dalam menentukan genetik seseorang, tetapi juga berhubungan dengan pemilihan teman atau sahabat. Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa orang cenderung untuk berteman dengan DNA yang sama.

“Melihat gen seseorang, kami menemukan bahwa rata-rata orang memiliki kesamaan DNA dengan teman-teman mereka,” kata peneliti James Fowler dari University of California, San Diego, seperti dilansir WebMD.

Fowler melanjutkan, bahwa seseorang memiliki kesamaan DNA dengan teman-teman mereka daripada dengan orang asing dalam populasi  yang sama. Kebanyakan seseorang memilih berteman dengan DNA yang sama. Dalam penelitian ini tim menganalisis gen dari lebih 1.900 orang yang berteman dan orang asing. Mereka menemukan bahwa orang yang berteman memiliki gen yang umum lebih dari satu persen. Ini hampir sama dengan DNA dari dua orang kerabat yang berasal dari kakek buyut mereka.

(Baca juga: 8 Kiat Mendapat Sahabat)

“Satu persen mungkin tidak banyak, tapi untuk ukuran genetik, satu persen adalah angka yang cukup signifikan. Ini terutama karena ternyata kita memiliki kemungkinan untuk memilih teman-teman seperti saudara kita sendiri,” tambah Nicholas Christakis, asisten peneliti dari Yale  University.

Para peneliti juga mengembangkan apa yang disebut dengan “nilai persahabatan” yang dapat digunakan untuk memprediksi siapa yang akan menjadi teman. Metode ini diklaim seakurat dalam memprediksi obesitas dan skizofrenia melalui gen.