Find Us On Social Media :

Bot Wikipedia Mampu Menulis 10.000 Artikel per Hari

By Ulfa Karina, Senin, 21 Juli 2014 | 10:00 WIB

Bot Wikipedia Mampu Menulis 10.000 Artikel per Hari

Intisari-online.com - Bagi kalian yang selalu mencari informasi di Wikipedia pasti menyadari bahwa penulisan artikel didalam nya terkadang kaku dan terkesan terlalu baku. Ternyata hal tersebut disebabkan Wikipedia menggunakan software otomatis atau bisa disebut sebagai bot Wikipedia. Yang menarik dari bot ini, informasi awal pertama kali dikelola oleh suatu databese. Lalu menggunakan algoritma khusus dirubah kedalam teks sebagai artikel yang sering kita lihat di Wikipedia.

Seperti dilansir oleh Wall Street Journal baru-baru ini di Swedia ada prorgram bot yang telah menulis lebih dari 2,7 juta artikel untuk Wikipedia, atau sekitar 8,5% dari total dari seluruh artikel yang ada di Wikipedia.

(Baca Juga : Robot Sex Bantu Pecahkan Teori Evolusi)

“Lsjbot” adalah program bot yang diciptakan oleh adminsitrator universitas Swedia Sverker Johansson. Bot yang ia ciptakan mampu menulis 10.000 artikel per hari. Kebanyakan yang ditulis adalah spesies hewan atau kota kecil di Filipina. Wikipedia memasukan beberapa software ke dalam bot tersebut untuk menghasilkan agar bot dapat menulis tentang kota di Amerika Serikat. Praktek menggunakan bot ini tenryata menuai kritik. Namun Johannson membela diri dengan mengatakan terlalu banyak entri Wikipedia yang ditulis oleh para kutu buku atau nerds. Wikipedia Swedia sendiri terlalu banyak membahas 150 karakter The Lord of The Rings ketimbang profil tentang orang-orang dari perang Vietnam.

(Baca Juga : Quakebot, Robot Reporter untuk Gempa)

Jadi, Johansson adalah orang pertama yang menciptakan bot untuk menggantikan penulis, maka mungkin para nerds dan kutu buku agak sulit menerima persaingan ini. Untuk daftar lebih lengkap mengenai bot Wikipedia ini bisa dilihat di disturbingly long list.

(news.discovery.com via Wall Street Journal)