Find Us On Social Media :

Apa Itu Pertamini?

By Ulfa Karina, Rabu, 23 Juli 2014 | 09:00 WIB

Apa Itu Pertamini?

Intisari-online.com - Pernah melihat kios kecil yang menyerupai pom bensin mini di pinggir jalan? Namanya Pertamini. Sebenarnya apa itu Pertamini ?

Pertamini adalah singkatan dari Pertamina Mini. Ini adalah kios kecil yang mengecer BBM kepada kendaraan bermotor khususnya kendaraan roda dua. Pertamini menjual bensin Premium dengan harga eceran Rp7.500 per liter,dimana biasanya harga resmi di pom bensin pertamina adalah Rp 6.500 saja.

Pertamini bisa kita temui dipinggir jalan. Berawal dari daerah Sumatera Selatan, kini Pertamini menjamur hingga ke kawasan Jakarta, Tangerang dan Depok. Pertamini menjual bensinnya dari satu buah drum dengan dilengkapi alat nozzle seperti pada SPBU umumnya.(Baca juga:  

Pertamini sendiri dianggap membantu para pengendara motor yang kehabisan bensin di jalan letaknya jauh dari SPBU. Namun, kehadiran Pertamini ternyata bukanlah resmi dari Pertamina. Mengingat adanya aturan bahwa pemerintah jelas tidak berhak mengeluarkan izin distribusi BBM oleh selain Pertamina. Dan adanya kesulitan yang dialami Pertamina dalam melarang penjualan bensin eceran ala Pertamini ini.

Pertamini sendiri pernah mengalami insiden, pada Mei 2012 yang mengakibatkan 1 petugas pemadam kebakaran tewas, 47 orang luka berat dan 12 orang luka ringan.(Baca juga: Di Game Ini Anda Bisa Rasakan Susahnya Jadi Sopir Angkot

Terlepas dari sisi positif dan negatifnya Pertamini ternyata merupakan usaha kreatif yang dapat membantu para pengendara yang kehabisan bahan bakar dan jauh jangkauan dari SPBU. Alangkah baiknya apabila inovasi ini dibarengi dengan izin yang jelas dan keamanan yang memenuhi standar.