Find Us On Social Media :

Fungsi Kulit yang Menakjubkan

By Ulfa Karina, Kamis, 24 Juli 2014 | 15:00 WIB

Fungsi Kulit yang Menakjubkan

Intisari-Online.com - Ternyata fungsi kulit sangat menakjubkan. Mampu mendeteksi bahaya, menangkal infeksi dan bahkan membantu kita menicum sesuatu. “Kulitmu berfungsi dalam banyak hal,” kata dokter spesialis kulit di New York City Doris Day.Berikut ini beragam fungsi kulit yang menakjubkan

* Mendiagnosa penyakit

Kulit adalah reflektor dari tubuh kita yang mampu mendiagnosa penyakit. Rehana Ahmed, dokter kulit di Edina, Minnesota, mengatakan ia sering mendiagnosis penyakit tiroid hanya dengan memeriksa alis pasien dan melihat kondisi bulu kaki. “Sepertiga dari alis dapat berhenti tumbuh jika menderita penyakit ini,” tutur dia. Hal ini disebabkan tubuh melestarikan hormon yang digunakan untuk pertumbuhan rambut dan fungsi tiroid.(Baca juga:   

* Dapat mencium

Penelitian terbaru pada kulit menunjukkan bahwa reseptor penciuman ditemukan pada lapisan epidermis. Dengan kata lain kulit kita mempunyai kemampuan untuk mencium bau.

* Kulit bisa melar

Kulit merupakan bagian tubuh yang memiliki tingkat elastisitas sangat tinggi. Hal ini terlihat pada wanita hamil yang memasuki usia kandungan 9 bulan. “Kalau kulit tidak bisa melar maka perut ibu hamil akan sobek,” kata Ahmed.

* Pendingin

Ketika tubuh kita hangat pembuluh darah membesar dan kulit kita mulai memerah, saat inilah kulit berfungsi sebagai pendingin. “Berkeringat adalah cara untuk mendinginkan diri dengan cepat, dan jika kita berkeringat tubuh kita menjadi panas,” kata Ahmed.* Kulit sebagai komunikator

Kulit kita akan menjadi merah atau pucat ketika kita merasa ketakutan. Hal ini menunjukkan kulit kita sedang bertindak sebagai komunikator bagi tubuh untuk menandakan bahwa kita sedang mengalami perubahan kondisi dan emosi.

* Pelindung

Kulit melindungi kita dari paparan sinar matahari. Ketika terkena sengatan matahari kulit kita terbakar dan menjadi kecoklatan. “Kulit gelap lebih melindungi DNA di dalam tubuh ketimbang dengan kulit putih, maka dari itu banyak orang yang mencoklatkan kulitnya,” kata ahli bedah dermatologis Jerry Brewer dari Mayo Clinic.(Baca Juga : 

* Pencegah infeksi

Fungsi kulit yang menakjubkan lainnya adalah kulit memiliki sistem kekebalan tubuh sendiri yang bertindak sebagai pertahanan tubuh dari dunia luar. Sel-sel epidermis, yang disebut sel Langerhans memperingatkan tubuh ketika ada virus yang bisa menimbulkan infeksi pada tubuh. Kulit juga membantu mencegah bakteri dan jamur tumbuh. (news.discovery.com