Find Us On Social Media :

Probiotik Bisa Turunkan Tekanan Darah

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 24 Juli 2014 | 14:00 WIB

Probiotik Bisa Turunkan Tekanan Darah

Intisari-Online.com – Sebuah penelitian terbaru menunjukkan probiotik dapat menurunkan tekanan darah. Beberapa contoh makanan probiotik, mengandung bakteri yang menguntungkan, adalah yoghurt, susu berfermentasi atau keju.

Analisis yang dilakukan oleh peneliti di Autralia menemukan bahwa secara teratur makan makanan yang mengandung sejumlah besar bakteri hidup atau suplemen probiotik mampu mengurangi tekanan darah mereka selama penelitian.Mereka yang mengasup probiotik, menurunkan tekanan darah sistolik dengan angka rata-rata 2,56 milimeter air raksa, dan tekanan darah diastolik dengan rata-rata 2,38 milimeter air raksa, dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsi probiotik.

(Baca juga: Probiotik Meningkatkan Kesehatan Kita)

“Konsumsi probiotik secara teratur dapat menjadi bagian dari gaya hidup sehat untuk membantu mengurangi tekanan darah tinggi,” kata penulis penelitian Jing Sun, dosen biostatik di Griffith University School of Medicine di Queensland, Australia.

Penurunan tekanan darah secara sederhana dengan probiotik dalam analisis ini sebanding dengan hasil yang terlihat pada orang yang mengurangi asupan garam mereka menjadi kurang dari 2.000 miligram sodium per hari, serta pada mereka yang berolahraga secara teratur.

Sayangnya, tidak jelas persis bagaimana bakteri dalam probiotik ini dapat menurunkan tekanan darah, kata para peneliti. Salah satu kemungkinannya karena probiotik dapat membantu memperbaiki kolesterol total dan kadar LDL. Teori lain bahwa bakteri usus yang sehat dapat membantu mengatur hormon yang terlibat dalam mengontrol tekanan darah dan keseimbangan cairan dalam tubuh.

(Baca juga: Makanan Sumber Probiotik)

Bila demikian, probiotik akan digunakan di samping setiap obat tekanan darah yang diresepkan. (livescience)