Find Us On Social Media :

Mencipta Taman Rumah Tahan Lama dengan Sederhana

By Moh Habib Asyhad, Jumat, 25 Juli 2014 | 07:00 WIB

Mencipta Taman Rumah Tahan Lama dengan Sederhana

Intisari-Online.com - Sebuah penelitian menyebut, warna hijau bisa membuat penghuni rumah lebih rileks dalam menjalani aktivitas dan sehat secara mental. Tidak salah jika orang-orang berlomba-lomba menciptakan suasana hijau di rumah, dengan taman. Yuk, mencipta taman rumah tahan lama.

Benjamin Vogt, kontributor Houzz, memberi panduan yang relatif mudah untuk mendesain taman di halaman rumah. Di mana pun kita berada, cara Vogt bisa membantu kita mendapatkan taman yang tampil cantik.

Pertama, meminimalkan rumput di halaman rumah. Agar tampil cantik, rumput membutuhkan air dan perawatan yang konstan.

Terlalu banyak air juga tidak serta-merta menyuburkan rumput di halaman. Hujan yang sering turun menyebabkan genangan air dan bahkan banjir membuat perawatan rumput semakin sulit dilakukan.

Untuk menjaga taman tahan lama, kita juga perlu yakin akan pendanaannya. Memiliki taman yang rumit perawatannya hanya membuat mengeluarkan biaya semakin besar.

Kedua, gunakan tanaman-tanaman yang memang berasal dari daerah sendir. Tanaman semacam ini relatif tahan dengan perubahan iklim yang terjadi di daerah yang kita huni.(Baca: Tak Sulit Bikin Taman di Lahan Sempit

Ketiga, jangan hanya menanam berbagai tanaman untuk saat ini. Tanam juga dengan pertimbangan akan masa depan. Vogt mengungkapkan, pohon dan bunga-bungaan yang hanya tahan pada satu lokasi tertentu kemungkinan tidak akan bertahan dalam 10 hingga 20 tahun mendatang.

Keempat, mencipta taman rumah tahan lama tergantung tanaman yang dipilih. Menurut Vogt, jika kita memilih berbagai jenis pepohonan dan tanaman perennial, kita membantu taman kita bertahan terhadap hama yang mungkin akan menyerang di amasa depan.

Selain itu, Vogt juga menambahkan bahwa memilih berbagai jenis tanaman juga bisa membuat taman tampak unik.

Kelima, teruslah menanam dan teruslah beradaptasi. Vogt menyarankan untuk menggunakan cara-cara ramah lingkungan untuk merawat taman. Cobalah mengumpulkan air hujan untuk menyiram tanaman di taman tersebut.(Baca: Cara Sederhana Menyamankan Rumah

Kemudian, gunakan pupuk kompos dan hindari pupuk kimia. Mencipta taman rumah tahan lama bisa dimulai dari tanah sehat pula.