Find Us On Social Media :

Gen Baru Pemicu Skizofrenia Ditemukan

By Ulfa Karina, Rabu, 30 Juli 2014 | 23:00 WIB

Gen Baru Pemicu Skizofrenia Ditemukan

Intisari-online.com- Ada secercah harapan baru dalam dunia kesehatan dengan ditemukannya gen baru pemicu skizofrenia yang pemahamannya selama ini dianggap sulit.

Sebuah konsorsium ilmuwan dari 35 negara menemukan lebih dari 100 gen pemicu skizofrenia, 83 di antaranya belum pernah diidentifikasi. Gen itu ditemukan melalui studi genetika terhadap 37.000 penderita skizofrenia.

(Baca Juga : Fakta Soal Hidung Bisa Ungkap Kesehatan Tubuh)

Sebagian gen terlibat dalam penyampaian pesan zat kimia di otak dan sebagian lain berperan dalam sistem kekebalan tubuh yang melindungi tubuh dari serangan penyakit. Temuan yang dipublikasikan di jurnal Nature itu menunjukkan, skizofrenia yang oleh kebanyakan orang disebut gila juga bisa dipicu faktor bilogis, bukan semata faktor kejiwaan. 

(Baca Juga : Mengapa Genius dan Gila Berhubungan?)

Pimpinan studi Michael O’Donovan dari Universitas Cardiff Inggris, kepada BBC mengatakan, sejak 1970-an ilmuwan memang kesulitan mengembangkan terapi skizofrenia ini karena kurangnya pemahaman faktor biologi dari penyakit tersebut. Karena temuan itu, bisa menjadi sebuah lompatan pengembangan terapi baru bagi penderita skizofrenia yang mencapai 24 juta orang di dunia. (Kompas)