Find Us On Social Media :

Ada 101 Geiser di Permukaan Bulan Saturnus

By Ulfa Karina, Selasa, 5 Agustus 2014 | 13:00 WIB

Ada 101 Geiser di Permukaan Bulan Saturnus

Intisari-online.com - Ilmuwan luar angkasa menghitung sedikitnya terdapat 101 geiser di permukaan bulan Saturnus, Encleadus.

Geiser, mata air panas yang menyemburkan air dan uap panas secara periodik, itu ditemukan wahana antariksa Cassini yang sejak 2005 mengorbit di Saturnus. “Geiser itu bukanlah fenomena dekat permukaan, tetapi lebih dalam,” kata pemimpin program citra misi Cassini, Carolyn Porco, dari Space Science Institute di Boulder, Colorado, AS, kepada National Geographic, 28 Juli 2014.

(Baca juga: Ada Miliaran Planet di Bimasakti Bisa Ditinggali?)Geiser terbentuk dari serangkaian patahan pada bagian kutub selatan Encleadus. Patahan yang disebut “belang harimau” itu diduga celah menuju laut di bawah lapisan es permukaan Encleadus.

(Baca juga: Ada Hujan Berlian di Jupiter dan Saturnus)Panjang "belang harimau" tersebut masing-masing sekitar 135 kilometer. Belang harimau itu diperkirakan akibat dari pasang surut kerak Saturnus. Penemuan 101 geiser di permukaan bulan Saturnus menarik bagi para ilmuwan angkasa sebab air merupakan komponen utama kehidupan. (KOMPAS)