Find Us On Social Media :

Seberapa Cepat Rambut Manusia Tumbuh?

By Ulfa Karina, Kamis, 7 Agustus 2014 | 12:00 WIB

Seberapa Cepat Rambut Manusia Tumbuh?

Intisari-Online.com - Tanpa disadari rambut kita tumbuh terus-menerus dan memanjang, pernahkah kita penasaran seberapa cepat rambut manusia tumbuh?

Dari beberapa penelitian paling sering ditemukan jawaban tentang pertumbuhan rambut adalah 6 inci atau 15 cm per tahun. Ternyata, ada hasil yang berbeda dari pertumbuhan rambut manusia.

Contohnya, rambut Kaukasia berbeda dengan rambut Asia begitu juga dengan rambut orang Afrika. Kepadatan juga kedekatan helai rambut pun menjadi pertimbangan penelitian ini. Sebuah penelitian tahun 2005 di International Journal of Dermatology juga menemukan perbedaan ras mempengaruhi tingkat pertumbuhan rambut. Misalnya, rambut Asia tumbuh paling cepat sementara rambut Afrika tumbuh lebih lambat.

(Baca Juga : Sebulan Rambut Tumbuh Sesenti )Tingkat pertumbuhan rambut Asia hampir 6 inci per tahun. Sementara itu untuk perempuan Afrika relatif hanya tumbuh sekitar 4 inci atau 10 cm per tahun. Sedangkan untuk perempuan Kaukasia rambut tumbuh hanya 5 inci atau 13 cm per tahun.

Tingkat pertumbuhan rambut dari peserta laki-laki tidak ditemukan perbedaan yang signifikan seperti pada peserta perempuan. Peneliti berpikir bahwa rambut bisa tumbuh lebih cepat di musim panas karena orang cenderung lebih banyak makan buah-buahan dan sayuran segar. Serta pergeseran hormon dan radiasi pada sinar UV juga berpengaruh pada pertumbuhan rambut.

(Baca Juga : Rambut Rusak akibat Rebonding )

Tetapi, setiap pergantian musim, pertumbuhan rambut akan sulit terlihat kata Elizabeth Cunnane Phillips, seorang ahli kulit rambut dan kulit kepala di Kingsley Clinic Philip New York seperti yang dilansir oleh The Huffington post.