Find Us On Social Media :

Tren Batu Akik (3): Apa Makna Memiliki Batu Mulia?

By Mohamad Takdir, Senin, 11 Agustus 2014 | 18:30 WIB

Tren Batu Akik (3): Apa Makna Memiliki Batu Mulia?

Intisari-Online.com - Apa makna memiliki batu mulia? Menurut Sosiolog Universitas Gadjah Mada Derajad S. Widhyharto batu mulia menyimpan banyak pesan dan makna sosial yang cukup beragam, batu mulia atau batu akik memberi pesan dan makna sebagai perhiasan, pemberi kekuatan, tingkatan spiritualitas, daya mistis, penolak bala, pemberi ketenangan jiwa maupun identitas kehidupan sosial lainnya.

(Baca juga: Perhiasan Imitasi Penyebab Alergi Kulit)Lalu bagaimana batu mulia menjadi bagian gaya hidup kaum muda dan kalangan menengah? Menurut Derajad gaya hidup kaum muda dan kalangan menengah, berjalan seperti kumparan yang saling terlilit. Mereka saling terlekat dan mempengaruhi. Kaum muda dan kalangan menengah menjadi pelaku gaya hidup itu sendiri. Termasuk bagaimana kaum muda dan kalangan menengah saat ini sedang mengandrungi batu mulia atau batu akik, kondisi ini telah menjadi perhatian baru.

(Baca juga: Kotak Perhiasan)Apa makna memiliki batu mulia? Tentu saja bukan hanya sekedar mengagumi keindahan batu mulia tersebut, melainkan keinginan pemakaiannya dalam memberikan pesan dan makna sosialnya kepada siapa saja yang melihatnya.Artikel ini pernah ditulis oleh JB Satrio Nugroho di Majalah edisi November 2013 dengan judul asli .