Find Us On Social Media :

Robot Origami yang Bisa Melipat Tubuhnya Sendiri

By Moh Habib Asyhad, Selasa, 12 Agustus 2014 | 09:00 WIB

Robot Origami yang Bisa Melipat Tubuhnya Sendiri

Intisari-Online.com - Jepang seolah tidak pernah lelah untuk memunculkan robot-robot baru. Kali ini giliran robot origami yang bisa melipat tubunya sendiri. Seperti namanya, robot ini terinspirasi dari seni melipat kertas Jepang origami. Robot ini nantinya diharapkan bisa bermanfaat untuk kegiatan eksplorasi, melakukan pencarian, penyelamatan, dan membantu perakitan di luar angkasa.

Sebuah studi ilmiah menyebut, teknologi yang ada di robot origami ini baru keluar di pasar tahun depan dan menjadi gebrakan baru di dunia robotik. Tidak hanya canggih, robot yang kabarnya berbahan murah—biaya awal pembuatan robot sekitar Rp10 juta—ini mudah diprogram ulang untuk melakukan banyak tugas dan misi.(Baca juga: Robot Seks Bantu Pecahkan Teori Evolusi

Seperti yang diungkapkan oleh peneliti bidang teknik dan ilmu terapan University Wyss Institute, Sam Felton, robot origami mempunya program digital. Ia dapat mengubah beberapa hal dan melakukan tugas sesuai perintah.

Robot origami yang bisa melipat tubunya sendiri itu berlapis kertas dengan lapisan tengah berupa jaringan tembaga beraliran listrik. Sedangkan lapisan luarnya terbuat dari polimer yang mudah terlipas saat dipanaskan.

Ketika baterai dan motor diaktifkan, robot bisa melipat dirinya sendiri laiknya robot Transformer, juga bisa berjalan seperti kepiting. “Yang paling menarik, robot origami ini memiliki perhitungan layaknya robot lain walau bentuknya datar seperti kertas,” tambah Daniela Rus dari Massachussets Institute fo Technology.(Baca juga: Robot Teraneh yang Pernah Diciptakan Manusia

Tim peneliti berharap, inovasi robot ini dapat berkembang dan banyak dimanfaatkan untuk kehidupan.  Rencananya, robot origami yang bisa melipat tubuhnya sendiri itu dipresentasikan di International Meeting on Origami bidang Sains, Matematika, dan Pendidikan keenam di Tokyo, 10-13 Agustus.