Find Us On Social Media :

Tren Batu Akik (6): Pesona Warna dan Kilau Batu Mulia

By Mohamad Takdir, Senin, 11 Agustus 2014 | 19:15 WIB

Tren Batu Akik (6): Pesona Warna dan Kilau Batu Mulia

Intisari-Online.com - Pesona warna dan kilau batu mulia begitu memikat. David Acris, 33 tahun, seorang pengusaha batu mulia di Jakarta mengemukakan: meski jenis batuannya sama dan warnanya hampir mirip, seorang peminat batu mulia tahu membedakan warna bagus dan kurang bagus.“Batu ruby yang sama-sama merah, bisa dibedakan tingkatan merahnya dari yang rendah sampai yang terbaik,” tutur pemilik gerai David Art itu.

(Baca juga: Batu Permata Kembali Berkilau)Selain warna, asal usul batu juga ikut berpengaruh. Ruby asal Myanmar misalnya, harganya selangit. “Bisa mengalahkan harga berlian!” seru David. Selebihnya, harga ditentukan banyak faktor. Pesona warna dan kilau batu mulia begitu memikat.Barang dagangan David sendiri harganya mulai Rp1 jutaan sampai miliaran. Jangan kaget kalau soal harga ini tidak ada patokan resmi.

(Baca juga: Anting-Anting Dari Jimat Sampai Asesori)Perlakukannya kira-kira mirip barang-barang seni. Harga sebuah batu akik, bisa saja ratusan kali lipat dari berlian, hanya karena terdapat motif “naga” di batu tersebut. Karena itu para pedagang biasanya hanya memajang foto batu kemudian menulis spesifikasi dan harga yang ditawarkan. Jika ada kecocokan harga, pembeli silakan bayar dan membawa pulang. Pesona warna dan kilau batu mulia begitu memikat, urusan harga seringkali bukan masalah.

Artikel ini pernah ditulis oleh JB Satrio Nugroho di Majalah edisi November 2013 dengan judul asli .