Find Us On Social Media :

Apa Itu Narkolepsi?

By Ulfa Karina, Kamis, 14 Agustus 2014 | 11:00 WIB

Apa Itu Narkolepsi?

Intisari-online.com - Ketika kita mengalami kesulitan tidur pada malam hari, dan berdampak kantuk berkelanjutan pada siang harinya, berarti kita sedang mengalami Narkolepsi. Sebenarnya, apa itu narkolepsi?

Narkolepsi muncul ketika otak tidak dapat mengatur siklus tidur-bangun yang normal, menurut National Institutes of Health. Ketika ini terjadi, pasien tertidur beberapa kali sehari, kadang-kadang selama beberapa detik dan kadang-kadang selama beberapa menit.

Ketika narkolepsi terjadi dibarengi dengan relaksasi otot secara tiba-tiba itu disebut cataplexy, penyebabnya biasanya kurangnya hypocretin - neurotransmitter yang bertanggung jawab untuk mengatur pola tidur. "Gangguan biasanya muncul dari kematian sekitar 70.000 sel otak yang mengandung hypocretin," ujar National Institutes of Health.(Baca juga: Kenali Gangguan Tidur Ini!)Kondisi ini sangat berbahaya karena sering terjadi tiba-tiba, bayangkan ketika Anda sedang menyetir di dalam mobil dan tiba-tiba Anda tertidur, lalu menyebabkan mobil di belakang Anda membunyikan klakson yang mengagetkan.

Dikarenakan gangguan tidur ini sangat berbahaya para dokter dan spesialis melakukan berbagai cara penanganan narkolepsi ini. Salah satunya dengan membuat jadwal tidur siang yang teratur dan memberikan obat khusus.

(Baca juga: Sering Tertidur Sebabkan Masalah Serius)

Jadi, apa anda merasa memiliki gangguan tidur semacam narkolepsi ini? Segeralah berkonsultasi ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. (LiveScience)