Find Us On Social Media :

Mobil Terbakar di Bintaro: Apakah Penyebab Mobil Terbakar Saat Kecelakaan?

By Ade Sulaeman, Rabu, 13 Agustus 2014 | 19:45 WIB

Mobil Terbakar di Bintaro: Apakah Penyebab Mobil Terbakar Saat Kecelakaan?

Intisari-Online.com – Sebuah kecelakaan lalu lintas menyebabkan tiga mobil terbakar di Bintaro, Tangerang Selatan (12/8/2014). Lalu apakah penyebab mobil terbakar saat kecelakaan?

Menurut howstuffworks.com, ada banyak penyebab terjadinya kendaraan terbakar saat terjadi kecelakaan lalu lintas. Namun, hal pertama yang disorot adalah desain rangka kendaraan.(Baca juga: Bisakah Kita Menuntut Pengelola Jalan untuk Kecelakaan yang Disebabkan Jalan yang Rusak?

Kebanyakan rangka mobil dirancang dengan cukup baik. Setiap bagian logam dari rangka seharusnya mampu meredam kekuatan benturan dan melindungi bagian dalam mobil. Terutama melindungi bagian-bagian yang memicu api seperti mesin, baterai (aki) dan tentu saja tangki bahan bakar.

Jika ada kendaraan dengan rangka yang tidak dirancang cukup baik untuk meredam benturan saat tabrakan, maka sangat mungkin terjadi kebocoran cairan bahan bakar. Dan, seperti yang kita tahu, panas tinggi dan cairan tumpah menciptakan kondisi sempurna untuk munculnya api.

Tingkat benturan saat terjadi kecelakaan juga dapat menjadi penyebab mobil terbakar. Sekuat apapun rangka kendaraan, jika tabrakan terjadi dengan sangat keras, maka sulit untuk rangka mobil melindungi tangki kendaraan dari kebocoran. Contohnya kecelakaan yang melibatkan mendiang Paul Walker yang saat itu mengendarai kendaraan canggih Porsche Carrera GT.

Hanya saja, menurut howstuffworks.com, “Jarang sekali ada penyebab tunggal dari terbakarnya sebuah mobil saat kecelakaan.”

Mulai dari mekanik mobil, manusia hingga bahan kimia dapat menjadi pemicu kobaran api. Beberapa penyebab mobil terbakar saat kecelakaan berikut ini bisa saja muncul bersamaan dalam suatu kecelakaan:

1. Sistem bahan bakar yang rusak

2. Kegagalan sistem elektrik

4. Mesin yang overheat

5. Pola pemeliharaan kendaraan yang buruk(Baca juga: Pengemudi Muda 10 Kali Lebih Berisiko Alami Kecelakaan

Tetapi, yang jelas, apapun penyebab mobil terbakar saat kecelakaan, sekali sebuah mobil mulai terbakar, mobil biasanya berakhir dalam kondisi habis terbakar. Jarang sekali yang sempat dipadamkan sebelum membesar.

Berlari menjauh dari kendaraan yang terbakar adalah cara terbaik untuk menyelamatkan nyawa.