Find Us On Social Media :

Otak Bayi yang Baru Lahir Tumbuh Dengan Sangat Cepat

By Ulfa Karina, Sabtu, 16 Agustus 2014 | 15:00 WIB

Otak Bayi yang Baru Lahir Tumbuh Dengan Sangat Cepat

Intisari-Online.com - Studi baru menemukan temuan tentang peta otak bayi-bayi baru lahir selama tiga bulan pertama kehidupan mereka. Tim peneliti menyatakan otak bayi yang baru lahir tumbuh dengan sangat cepat, sekitar 1 persen setiap hari.

Tim peneliti memindai otak 84 bayi baru lahir sehat sebanyak 211 kali, dimulai saat bayi berusia dua hari. Mereka menemukan, otak bayi baru lahir tumbuh dengan sangat cepat setelah lahir, tetapi melambat menjadi rata-rata 0,4 persen per hari pada akhir tiga bulan pertama kehidupan mereka.

(Baca juga: Kurangi Dampak Autisme Lewat Deteksi Dini Otak Bayi)

Hasil studi yang dipublikasikan jurnal JAMA Neurology itu menunjukkan, secara keseluruhan otak bayi tumbuh 64 persen dalam 90 hari pertama kehidupan. Rata-rata ukuran otak bayi 20 inci kubik atau 341 sentimeter kubik saat lahir dan 334 inci kubik atau 588 cm kubik pada usia 90 hari.

(Baca Jjga: Radiasi Ponsel Ganggu Otak Bayi)

Jadi, otak bayi baru lahir tumbuh dari 33 persen rata-rata otak orang dewasa menjadi 55 persen dalam tiga bulan. Peneliti mencatat, otak bayi yang lahir satu minggu lebih cepat dari rata-rata dalam studi (38 minggu) 5 persen lebih kecil dibandingkan rata-rata partisipan. “Otak bayi prematur tumbuh lebih cepat dari bayi baru lahir pada umumnya. Itu karena mereka lebih muda, yang berarti tumbuh lebih cepat,” kata Dominic Holland, peneliti dari Sekolah Kedokteran San Diego, Universitas California.

Hal itu menunjukkan, induksi persalinan dini tanpa alasan medis bisa menimbulkan efek negatif pada perkembangan saraf bayi. (Livescience/KOMPAS)