Find Us On Social Media :

Gelang yang Dapat Mencegah Kanker Kulit

By Ulfa Karina, Selasa, 19 Agustus 2014 | 11:00 WIB

Gelang yang Dapat Mencegah Kanker Kulit

Intisari-Online.com - Ada sebuah temuan baru di dunia kesehatan yakni sebuah gelang yang dapat mencegah kanker kulit. Lantas, bagaimana gelang tersebut dapat mencegah kanker kulit?

Sebuah gelang tahan air yang diberi nama SmartSun Band akan memberitahu orang yang memakainya ketika sudah terlalu lama di bawah sinar matahari sehingga bisa meminimalkan jumlah penderita kanker kulit yang kian banyak di masyarakat.

Gelang ini mampu berubah warna dari kuning menjadi merah muda pada paparan sinar ultra violet yang terjadi karena reaksi asam. Dengan fitur ini, bisa membuat orang yang memakainya agar mencari tempat berteduh untuk menghindari terjadinya luka bakar yang bisa berpotensi menjadi kanker kulit.

(Baca juga: Ritot: Gelang Pintar yang Dapat Memproyeksikan Waktu dan Notifikasi di Punggung Tangan)

Para ilmuwan Skotlandia mengembangkan gelang yang berharga 1.7 USD atau setara dengan 12 ribu Rupiah di Indonesia. Cara ini dianggap efisien dan efektif untuk membantu mengurangi penderita kanker kulit.

Bentuk paling parah dari kanker kulit adalah melanoma maligna yakni dengan penderita yang di diagnosa 17 per 100.000 orang per tahunnya meningkat semenjak 40 tahun terakhir, dibandingkan dengan tahun 1970 dimana hanya 3 per 100.000 orang pertahun menurut data dari Cancer Research.

(Baca juga: Aplikasi Smartphone untuk Kanker Kulit )

Di Inggris penderita melanoma maligna mencapai angka kematian 2.200 pada tahun 2011. Semoga dengan ditemukannya gelang yang dapat mencegah kanker kulit dan bisa mengurangi angka kematian karena kaknker kulit ini, termasuk di Indonesia. (Dailymail)