Find Us On Social Media :

Awas! Kegemukan Bisa Memicu 10 Jenis Kanker

By Ulfa Karina, Selasa, 19 Agustus 2014 | 17:00 WIB

Awas! Kegemukan Bisa Memicu 10 Jenis Kanker

Intisari-Online.com - Berat badan berlebih tidak selamanya memberi keuntungan bagi seseorang, berbagai penyakit bisa saja menghinggapi tubuh salah satunya kanker. Awas! Kegemukan bisa memicu 10 jenis kanker.

Kegemukan ternyata bisa memicu kanker. Menurut pantauan kesehatan pada 5 juta warga Inggris selama tujuh tahun, makin banyak jumlah orang gemuk, makin tinggi pula jumlah kasus kanker yang teridentifikasi.

Penelitian yang dipimpin peneliti dari Sekolah Ilmu Kesehatan dan Kedokteran Tropis London, Inggris, Krishnan Bhaskaran itu menunjukkan, kelebihan berat badan bisa meningkatkan risiko 10 jenis kanker yang paling banyak diderita orang.(Baca juga: Ingat, Kanker Selalu Ada Gejalanya! )

Jenis kanker yang paling berisiko diderita karena memiliki berat badan yang berlebihan 13-16 kilogram diantaranya paling tinggi adalah kanker rahim, kantung empedu, ginjal, leher rahim atau kanker serviks, tiroid, dan paling rendah adalah leukimia.

Sementara itu, orang yang memiliki indeks massa tubuh (IMT) besar berisiko menderita kanker hati, usus besar, indung telur, dan kanker payudara setelah mengalami menopause. Hubungan kegemukan dan kanker dipengaruhi kondisi indvidu. Karena itu, pada sejumlah kasus, kegemukan tak terkait kanker.(Baca juga: Minum Antibiotik Picu Kegemukan)Pada sejumlah kasus, Indeks Massa Tubuh tinggi berisiko lebih rendah pada kanker prostat. “Hubungan IMT dengan kanker dipengaruhi jenis kanker,” kata Krishnan seperti yang dilansir oleh BBC. Jadi mulailah hidup sehat dengan pola makan yang seimbang agar tidak mengalami kegemukan yang bisa memicu 10 jenis kanker. (KOMPAS/BBC)