Find Us On Social Media :

Finger Reader: Dengan Alat Ini, Kini Tuna Netra Bisa Membaca!

By Ulfa Karina, Kamis, 21 Agustus 2014 | 08:00 WIB

Finger Reader: Dengan Alat Ini, Kini Tuna Netra Bisa Membaca!

Intisari-Online.com - Menjadi buta bukanlah kemauan setiap manusia, namun menjadi buta juga bukan halangan untuk mempeluas pengetahuan karena sekarang ada Finger Reader. Dengan alat ini, kini tuna netra bisa membaca. Seperti apa kinerja alat ini?

Para Ilmuwan di Massachussetss Institute of Technology sedang mengembangkan sebuah perangkat membaca audio yang akan dipakai di jari telunjuk bagi orang yang mengalami kebutaan. Alat ini memberikan akses langsung kepada kata yang tercetak, sehingga bisa memudahkan para tuna netra untuk membaca.

(Baca Juga : Saatnya Orang Buta Bisa Melihat )

Nama alat ini adalah Finger Reader. Prototipe yang dihasilkan oleh printer tiga dimensi ini berbentuk cincin sehingga bisa dipakai di jari dan memudahkan penggunanya. Finger Reader dilengkapi dengan kamera kecil yang bisa memindai teks bacaan. Sebuah suara buatan akan membaca kata yang tercetak dengan keras sehingga pengguna bisa mengetahui isi bacaan tersebut.

Alat ini memiliki software khusus untuk melacak gerakan jari dalam mengidentifikasi kata-kata dan memproses informasi. Perangkat ini memiliki getaran motorik sehingga pengguna bisa memastikan bacaanya tidak melenceng dari paragraf yang sudah tercetak. Kata Roy Shilkrot yang mengembangkan perangkat ini di MIT Media Lab.

Finger Reader tidak akan menggantikan huruf Braille. Sebaliknya, Finger Reader akan memudahkan orang buta membaca buku yang belum tersedia dalam huruf Braille. Tantangan dari perkembangan alat ini adalah membantu penggunanya untuk menggerakan jari mereka secara lurus dari teks yang sudah tercetak dan tanda baca sehingga tidak terjadi kesalahan informasi.

(Baca Juga : Fifi: Melihat Dunia dengan Jari )

Finger Reader bisa membaca buku, majalah, koran dan sebagainya namun belum memiliki akses pada media yang menggunakan teknologi layar sentuh, Shilkrot menambahkan. Semoga dengan alat ini, tuna netra bisa membaca dan menambah wawasan mereka. (CBC News)