Find Us On Social Media :

Apa yang Terjadi Pada Otak Kita Ketika Melihat Iklan di TV?

By Ulfa Karina, Sabtu, 23 Agustus 2014 | 14:00 WIB

Apa yang Terjadi Pada Otak Kita Ketika Melihat Iklan di TV?

Intisari-Online.com - Ketika menonton televisi otak bekerja penuh melihat rangkaian gambar juga gelombang suara secara bersamaan, namun pernakah kita penasaran apa yang terjadi pada otak kita ketika melihat iklan di tv?

Menggunakan sensor electroencephalography (EEG) yang dapat membaca gelombang otak, sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa iklan yang menampilkan anjing  yang mengambil sekaleng bir akan lebih menarik perhatian daripada iklan yang menampilkan adegan orang berciuman.

"Iklan yang lebih menarik perhatian kita menyebabkan pengolahan sensorik yang lebih dalam terhadap konten," kata Matthew Bezdek, seorang peneliti postdoctoral di Georgia Tech School of Psychology.

(Baca juga: Beda Otak Pria dan Wanita)magnetic resonance imaging

"Ketika dua orang menonton video perbandingan dua iklan, otak mereka merespon sama tetapi hanya jika video tersebut menarik," kata penulis senior Lucas Parra. "Ini juga menunjukkan kepopuleran iklan yang menarik perhatian membuat gelombang otak menjadi sangat handal dan secara otomatis bisa sinkron dengan sesuatu yang memang menarik perhatian."

Hasil “sinkronisasi” otak tesebut didukung dengan berbagai tingkat akurasi misalnya dengan jumlah tweet dari masyarakat terkait video iklan yang diujikan, dan juga berdasarkan penilaian dari USA Today Super Bowl Ad Meter. Misalnya iklan dengan adegan anjing yang mengambil satu kaleng bir dinilai sebagai iklan tervavorit tahun 2012, sedangkan iklan dengan adegan berciuman itu menempati peringkat terburuk.Bagaimana Otak Anak Mengingat Rumus Matematika dengan Mudah?apa yang terjadi pada otak kita ketika meliat iklan di TV?