Find Us On Social Media :

Mahasiswa IPB Berhasil Ciptakan Robot Penyelam

By Lila Nathania, Senin, 25 Agustus 2014 | 06:00 WIB

Mahasiswa IPB Berhasil Ciptakan Robot Penyelam

Intisari-Online.com - Siapa bilang robot-robot canggih hanyalah ciptaan orang Jepang? Buktinya para mahasiswa IPB berhasil ciptakan robot penyelam yang bisa digunakan untuk riset arkeologi kelautan.(Baca juga: [VIDEO] Melirik Kecanggihan Robot-robot Google (1)

Robot bernama RJBA 45 ini bisa digunakan untuk berbagai macam hal mulai dari inspeksi kabel bawah laut, pemantauan ekosistem laut, hingga mengetahui pola pergerakan ikan. Saat ini RJBA 45 sudah digunakan untuk memantau perairan Pulau Pramuka.

Ide dan realisasi para mahasiswa Ilmu dan Teknologi Kelautan Institut Pertanian Bogor tersebut patut diacungi jempol sebab sejumlah komponen robot ini mereka buat sendiri. Komponen yang dimaksud meliputi lengan, rangka, dan tangki. RJBA 45 sendiri termasuk dalam kategori robot ROV (robot bawah air)(Baca juga: Robot Origami yang Bisa Melipat Tubuhnya Sendiri

Mahasiswa IPB berhasil ciptakan robot penyelam ini dalam jangka waktu tiga bulan. Robot senilai 25 juta rupiah ini bisa beroperasi hingga lebih dari tiga jam. Kedalaman maksimal yang bisa dicapainya 10 meter. Daya RJBA sendiri berasal dari aki sebesar 48 volt.

Hollanda Arief Kusuma, salah satu anggota tim perakit, mengatakan bahwa RJBA 45 akan terus dikembangkan agar bisa menjadi semi otomatis. Harapannya setelah dilakukan penelitian lanjutan mahasiswa IPB berhasil ciptakan robot penyelam yang kelak dapat beroperasi sendiri tanpa dipantau saat berada di bawah laut (Kompas).