Find Us On Social Media :

Seperti di Film Spiderman, Gen Kadal Bisa Regenerasi Anggota Badan Manusia

By Lila Nathania, Rabu, 27 Agustus 2014 | 11:00 WIB

Seperti di Film Spiderman, Gen Kadal Bisa Regenerasi Anggota Badan Manusia

Intisari-Online.comDalam film-film fiksi ilmiah kita sering melihat bagaimana teknologi canggih memengaruhi pengobatan di masa depan. Kita semakin dekat dengan hal itu karena sejumlah peneliti kini mengembangkan gen kadal untuk regenerasi anggota badan manusia.(Baca juga: Terapi Gen Sembuhkan Penyakit Langka

Kadal merupakan salah satu hewan yang memiliki kemampuan menumbuhkan kembali bagian ekornya. Para peneliti Universitas Arizona Amerika menganggap kemampuan tersebut bisa diaplikasikan pada manusia.

Percobaan ini dilakukan dengan kadal hijau Anolis carolinensis yang hubungan kekerabatannya paling dekat dengan manusia. Mereka berharap susunan DNA kadal ini bisa digunakan untuk membantu manusia meregenerasi bagian tubuhnya yang cacat.

Peneliti menemukan bahwa pada ekor kadal yang sedang mengalami regenerasi, terdapat 326 gen yang spesial. Sekitar 302 diantaranya memiliki kesamaan dengan mamalia, termasuk manusia. Ratusan gen itu dapat menyembuhkan luka, menangkap rangsangan hormon, serta menumbuhkan sel embrio.

Profesor Kenro Kusumi kini sedang mencoba meniru susunan gen kadal tersebut untuk regenerasi anggota badan manusia. Proses mutasi gen ini diklaim bisa menumbuhkan lagi tulang rawan, otot, hingga syaraf pada tubuh.

Proses regenerasi sendiri jangan dibayangkan dapat terjadi secara instan dalam waktu hitungan jam atau hari. Kadal saja membutuhkan waktu 60 hari untuk membentuk ekor secara utuh. Tentunya manusia kelak membutuhkan waktu yang lebih lama untuk meregenerasi bagian tubuhnya.(Baca juga: Menyembuhkan Buta Warna dengan Terapi Gen

Meski masih terus dikembangan, penemuan ini tentu menjadi harapan baru bagi penderita cacat. Semoga gen kadal kelak sungguh bisa digunakan untuk regenerasi anggota badan manusia (Merdeka).