Find Us On Social Media :

Kiat Memupuk Harga Diri

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 7 April 2011 | 14:20 WIB

Kiat Memupuk Harga Diri

Julio Iglesias, penyanyi bersuara emas asal Spanyol, ternyata dulu sempat menjadi pemain soccer profesional. Namun sebuah kecelakaan mobil yang dialami mengakibatkannya lumpuh dari pinggang ke bawah yang akhirnya mengakhiri profesi ini. Selama menjalani terapi di rumah sakit, seorang juru rawat yang merasa kasihan padanya memberinya sebuah gitar. Padahal saat itu Julio tidak beraspirasi musik. Ternyata, setelah pulih kembali ia berhasil menjadi seorang penyanyi terkenal.

Bagaimana orang seperti Julio yang pernah menderita akhirnya bangkit kembali bahkan berhasil sampai ke puncak ketenarannya?

Menurut para psikolog, faktor utama keberhasilan seseorang menyangkut harga dirinya - kombinasi rasa percaya diri dan rasa hormat diri. Semua itu akan memperkuat diri seseorang untuk terus maju. Harga diri bisa menumbuhkan segalanya. Harga diri bisa mempengaruhi hubungan kita dengan pasangan hidup, dengan teman, dan juga kemampuan kita menjadi orangtua. Perasaan menurunnya harga diri tidak perlu terus-menerus berkelanjutan karena ada cara untuk meningkatkan dan memperkuatnya.

Mungkin kiat berikut ini bisa membantu meningkatkan rasa harga diri Anda.

Mudah-mudahan kiat-kiat tadi dapat memperkuat harga diri Anda, sehingga Anda dapat hidup lebih bahagia.