Find Us On Social Media :

Ikan Laut Untuk Artritis

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 8 Juli 2011 | 15:00 WIB

Ikan Laut Untuk Artritis

Sebenarnya, tidak ada makanan khusus untuk mengurangi rasa sakit pada penderita artritis yang juga disebut radang sendi. Yang penting makan makanan dengan gizi seimbang dan menjaga berat badan. Namun para ahli juga menyarankan agar mereka banyak mengonsumsi aneka ragam buah, sayur, serta padi-padian.

Penelitian baru-baru ini memberikan saran bagi penderita artritis banyak mengonsumsi asam lemak omega-3 yang banyak terdapat pada ikan laut serta makanan laut lainnya. Jenis asam lemak ini diduga dapat mengurangi peradangan sendi pada rematik atau encok, salah satu jenis artritis yang kronis dan disebabkan oleh sistem autoimun tubuh.

Selain itu, cukup asupan vitamin D dan kalsium juga diperlukan untuk mencegah osteoporosis. Pasalnya, pasien artritis cenderung berbakat osteoporosis akibat kurang gerak. Untuk Anda yang masih sehat-sehat saja, makanan yang kaya seng dan selenium dapat membantu mencegah radang sendi. Kedua mineral ini banyak terdapat dalam daging sapi rendah lemak, roti gandum, telur, kacang almond, susu, tempe dan tahu juga dapat mencegah radang sendi.