Find Us On Social Media :

Kafein Mencegah Kanker Kulit

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 8 Oktober 2011 | 09:00 WIB

Kafein Mencegah Kanker Kulit

Intisari-Online.com – Kafein biasanya ditambahkan pada krim tubuh untuk mengurangi selulit. Sekarang, ada manfaat lain dari bahan yang ditemukan pada tanaman kopi. Tabir surya ditambah dengan kafein terbukti lebih andal melindungi kulit terhadap kanker kulit.

Kesimpulan ini diperoleh para ilmuan dari Universitas Rutgers, Amerika Serikat. Penelitian menunjukkan bahwa kafein memiliki senyawa kimia yang ketika diterapkan pada kulit dapat menyerap radiasi ultraviolet. Ini bisa dijadikan sebagai upaya pencegahan terhadap perkembangan tumor.

Percobaan juga dilakukan pada tikus di laboratorium.  Para peneliti secara genetik memodifikasi tikus dengan mengurangi enzim ATR pada tubuhnya. Zat ini biasanya melindungi sel-sel yang rusak, yang dapat menyebabkan kanker bila terkena sinar matahari. Pemberian kafein terbukti menghambat aksi enzim ATR.

Setelah itu, tikus itu disengaja terkena radiasi ultraviolet. Ternyata dengan berkurangnya enzim ATR pada tikus, berkembang kanker kulit tiga minggu lebih lama daripada tikus yang tidak mengalami modifikasi.

Dikutip Genius Beauty, dalam 19 minggu percobaan, tikus rekayasa genetik memiliki tumor kulit 69% kurang dari tikus normal.