Find Us On Social Media :

Lagi! Teh Turunkan Tekanan Darah

By Christine Fenny, Senin, 30 Januari 2012 | 17:00 WIB

Lagi! Teh Turunkan Tekanan Darah

Intisari-Online.com - Kabar baik kembali datang bagi pecinta teh. Minuman kebangsaan Inggris ini ternyata dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik yang baik bagi jantung. Fakta ini ditemukan ilmuwan dari University of Western Australia. Mereka mengklaim bahwa teh dapat membuat jantung sehat."Sudah ada bukti yang menunjukkan bahwa teh baik untuk kesehatan jantung Anda. Ini adalah penemuan penting karena menunjukkan hubungan antara teh dan faktor risiko utama untuk penyakit jantung," terang pemimpin penelitian Profesor Jonathan Hodgson. 
Menurutnya, pengukuran tekanan darah terdiri atas dua cara. Yang pertama adalah sistolik atau mengukur tekanan darah saat jantung berdetak, atau kontraksi untuk mendorong darah melalui tubuh. Kedua adalah diastolik yaitu mengukur jumlah tekanan darah di antara denyut, ketika jantung beristirahat. 
Penelitian kecil pun dilakukan dengan melibatkan 95 peserta warga Australia yang berusia antara 35 dan 75 tahun. Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok untuk diuji sejauh mana teh mempengaruhi tekanan darah.  
Setelah enam bulan, para peneliti menemukan bahwa kelompok yang rutin minum teh hitam memiliki sistolik lebih rendah dan tekanan darah diastolik lebih rendah 2-3 mmHg. Peneliti percaya dengan menurunkan angka tekanan darah sebanyak 3 mmHg berarti risiko seseorang terserang hipertensi dan jantung pun turun 10 persen. Penelitian itu dipublikasikan di