Find Us On Social Media :

Vitamin Untuk Kesehatan Rambut

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 4 April 2012 | 12:00 WIB

Vitamin Untuk Kesehatan Rambut

Intisari-Online.com – Rambut adalah bagian penting dari tubuh manusia. Rambut menambah harga diri pada seorang pria dan merupakan mahkota kemuliaan bagi seorang wanita. Fungsinya sebagai mantel isolasi yang menyerap radiasi berbahaya serta melindungi kulit dari sinar matahari.

Seiring dengan bertambahnya usia, jumlah sirkulasi kapiler yang memasok nutrisi ke akar rambut cenderung berkurang. Penurunan darah ke kapiler perlu dikompensasi dengan baik dari aliran darah lebih besar atau melalui penyediaan jumlah nutrisi dalam bentuk vitamin, mineral, dan asam amino ke folikel rambut.

Apakah vitamin yang bertanggung jawab bagi pertumbuhan rambut?

Kurangnya vitamin rambut dapat menyebabkan rambut rontok, yang akhirnya menyebabkan kebotakan. Rambut cukup gizi terlihat lebih indah. Berikut ini seperti dikutip lifemojo beberapa vitamin terbaik untuk pertumbuhan rambut.

Vitamin B. Vitamin B dianggap sebagai vitamin terbaik yang mendukung pertumbuhan rambut sehat. Makanan kaya vitamin B adalah kacang-kacangan, kacang polong, wortel, kembang kol, kacang kedelai, ragi gizi, bekatul, dan telur.

Vitamin A (Retinol). Vitamin ini adalah antioksidan yang membantu dalam pembentukan sebum di kulit kepala. Sebum bertanggung jawab menjaga akar rambut dilumasi. Makanan kaya vitamin A yaitu minyak hati ikan, daging, keju, susu, hati, telur, bayam, brokoli, kubis, wortel, aprikot, peach, dan sayuran berwarna merah, kuning, dan oranye.

Vitamin C (Asam askorbat). Vitamin ini adalah antioksidan yang memberikan kontribusi terhadap kesehatan rambut. Sumber makanan yang termasuk di dalamnya, jeruk, stroberi, kiwi, melon, nanas, tomat, dan sayuran berwarna hijau gelap.

Vitamin E (Tokoferol). Sangat penting untuk pertumbuhan rambut sehat yang tergantung pada sistem kekebalan tubuh. Vitamin E dipercaya dapat merangsang pertumbuhan rambut dengan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Juga meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala. Sumber terkaya vitamin ini adalah minyak tumbuhan seperti minyak kedelai, jagung dan minyak zaitun, kacang kedelai, biji-bijian, kacang-kacangan, kacang kering, dan sayuran berdaun hijau gelap.

Vitamin K (Phylloquinone). Vitamin ini meningkatkan kesehatan rambut dan ditemukan dalam maknan laut, telur, hati, produk susu, sayuran hijau, buah ara, kubis, havermut, yoghurt, dan gandum.

Makan diet seimbang dengan banyak biji-bijian, buah-buahan segar dan sayuran, bukan hanya menjaga kita tetap sehat, tetapi juga mencegah masalah-masalah seperti penipisan atau beruban dini.