Find Us On Social Media :

Teh Hitam = Teh Hijau

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 12 April 2012 | 10:10 WIB

Teh Hitam = Teh Hijau

Intisari-Online.com –  Dalam beberapa penelitian, para peneliti mengklaim, teh hijau memiliki manfaat lebih baik daripada teh hitam yang biasa tersedia di rumah. Akhirnya, karena banyak orang yang ingin memiliki gaya hidup sehat, mengganti stok teh hitam di rumah dengan teh hijau yang lebih mahal.

Baru-baru ini peneliti lain mengatakan, secangkir teh hitam saja baik untuk tubuh Anda. Sementara konsumsi teh hijau hanya membuang-buang uang.

Penelitian yang dilakukan oleh ahli gizi, Dr. Carrie Ruxton, menyatakan sama seperti teh hijau, teh hitam mampu mengurangi risiko kanker, stroke, diabetes, atau kerusakan gigi. “Penelitian ini telah melihat kesamaan manfaat dari kedua jenis teh. Keduanya dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah yang secara signifikan mengurangi risiko stroke,” katanya, seperti dilansir DailyMail.

Penelitian ini diterbitkan dalam Journal Network Health Dieticians. Dalam tulisannya, Ruxton menyimpulkan teh hitam dan teh hijau berasal dari tanaman Camellia sinesis dan memiliki senyawa yang sama, serta menawarkan manfaat kesehatan yang sama.

Pada tahun 2011, kesimpulan dari 17 penelitian yang telah dilakukan menyatakan, risiko serangan jantung pada orang yang minum tiga cangkir teh hitam setiap hari 11% lebih rendah daripada mereka yang tidak minum.

Dr. Catherine Hood dari Tea Advisory Panel mengatakan, “Teh hitam semakin menunjukkan manfaat kesehatan lebih besar. Teh hitam adalah teh hijau baru bagi yang sudah tahu itu.”

Jadi, baik teh hijau dan teh hitam sama-sama bermanfaat untuk tubuh. Pilihannya, tentu saja ada di tangan Anda.