Find Us On Social Media :

Manfaat Kesehatan Bit

By K. Tatik Wardayati, Minggu, 15 April 2012 | 06:56 WIB

Manfaat Kesehatan Bit

Intisari-Online.com – Bit (Beta vulgaris) dikenal juga sebagai bit meja, bit merah, atau hanya sebagai bit. Tanaman ini paling banyak ditemukan di Amerika Utara dan Inggris. Berasal dari daratan Eropa, tanaman ini pada zaman Napoleon Bonaparte dikenal sebagai penghasil gula. Gula bit sebutannya.

Bit kaya karbohidrat yang mudah diubah menjadi energi serta zat besi yang membantu darah mengangkut oksigen ke otak. Warna merah bit disebabkan oleh gabungan pigmen ungu betasianin dan pigmen kuning betasantin. Kandungan bit: asam folat (menumbuhkan dan mengganti sel-sel yang rusak) 34%, kalium (memperlancar keseimbangan cairan di dalam tubuh) 14,8%, serat 13,6%, vitamin C (menumbuhkan jaringan dan menormalkan saluran darah) 10,2%, magnesium (menjaga fungsi otot dan syaraf) 9,8%, triptofan 1,4%, zat besi (metabolisme energi dan sistem kekebalan tubuh) 7,4%, tembaga (membentuk sel darah merah) 6,5%, fosfor (memperkuat tulang) 6,5%, caumarin (mencegah tumor), dan betasianin (mencegah kanker).

Apa sajakah manfaat kesehatan dari bit?

Kita bisa menjaga diri kita dari berbagai kondisi kesehatan dengan makan makanan sehat. Tetap sehat secara langsung berhubungan dengan makan sehat. Makanan sehat tidak selalu menghilangkan selera makan kok. Memasak sehat ditambah dengan asupan kalori yang terkontrol akan menjaga kita tetap fit dan bugar. (*)