Find Us On Social Media :

Rumput Laut Membunuh Bakteri Jerawat

By K. Tatik Wardayati, Minggu, 27 Mei 2012 | 11:00 WIB

Rumput Laut Membunuh Bakteri Jerawat

Intisari-Online.com – Anda pernah mengonsumsi rumput laut? Pastinya pernah, meskipun dalam bentuk agar-agar. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diketahui rumput laut memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Beberapa penelitian sebelumnya menunjukkan, memakan roti dengan jelly rumput laut lebih efektif untuk orang yang ingin menurunkan berat badan dibandingkan dengan pergi ke tempat kebugaran. Karena, rumput laut bisa membakar lemak lebih cepat.

Ini bukan satu-satunya manfaat yang bisa kita peroleh dari rumput laut. Sebuah penelitian baru telah menunjukkan manfaat lain dari rumput laut. Bagi orang yang memiliki masalah dengan kulit wajah mereka, mungkin rumput laut bisa menjadi solusinya. Tumbuhan hijau berlendir ini diyakini dapat membantu menghilangkan jerawat.

Jerawat memiliki kekhasan dengan kulit bersisik merah, komedo, papula, pustula (jerawat), nodules (papula besar), dan mungkin jaringan parut. Agak berbeda pada orang dengan kulit gelap. Ukuran tubuh wanita pun mungkin memiliki efek terjadinya jerawat. Dalam sebuah penelitian, diketahui gadis remaja dengan kelebihan berat badan cenderung berjerawat.

Jika kebetulan Anda berjerawat, pertimbangkan pilihan terbaik untuk mengobatinya. Ada banyak cara dan obat yang bisa dipilih, yang terbaik konsultasikan dengan dokter sebelum melakukan pengobatan. Ada juga pilihan obat herbal untuk mengobati jerawat.

Rumput laut, efektif sebagai pengobatan alami untuk mengatasi flek pada wajah. Penemuan obat kulit baru diluncurkan dalam jurnal Clinical and Experemintal Dermathology. Hampir 64% mampu mengurangi pertumbuhan jerawat.

Rumput laut cokelat mengandung senyawa aktif yang disebut Phycosaccharide ACP. Kandungan ini telah diuji pada penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan. Dalam penelitian ini, 60 peserta pria muda dengan jerawat ringan diuji selama dua bulan. Hampir setengah dari seluruh responden memberikan laporan dari penurunan yang signifikan, dalam beberapa inflamasi dan komedo. Jerawat berkurang hanya dalam 8 minggu. Rumput laut cokelat ini dikenal juga sebagai Laminaria digita. Rumput laut ini umumnya ditemukan di Britany, Prancis. Para ilmuwan percaya bahwa rumput laut cokelat memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri jerawat dalam waktu 1 – 15 menit, setelah dipakaikan pada kulit.

Jerawat mulai berkembang ketika folikel rambut pada kulit tersumbat dengan minyak alami yang diproduksi oleh kulit, atau biasa dikenal sebagai sebum. Selain itu, juga disebabkan oleh hormon testosteron, yang meningkatkan produksi sebum di kulit.