Find Us On Social Media :

Atasi Tekanan Darah Rendah

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 13 Juni 2012 | 13:00 WIB

Atasi Tekanan Darah Rendah

Intisari-Online.com – Jika tekanan darah secara konsisten terbaca 90/60 mmHg atau kurang, kita dianggap mengalami hipotensi atau tekanan darah rendah. Tekanan darah rendah biasanya menunjukkan penyakit yang mendasari, stres, atau infeksi. Kadang merupakan gejala umum kehamilan, dehidrasi, gangguan tiroid, atau aritmia.

Penyebab utama kondisi ini adalah malnutrisi atau salah gizi, kehilangan darah, atau perdarahan internal, atau ketidakstabilan emosional. Gejala tekanan darah seperti pusing, lemah, lesu, lelah, dll. Orang tersebut mungkin sering merasa pusing, yang bisa mengakibatkan pingsan.

Tekanan darah dapat dicegah dengan memasukkan perubahan diet makanan dan olahraga tertentu. Dalam hal kebiasaan makan, sertakan makanan yang kaya protein, vitamin C, vitamin B, serta buah-buahan, dengan jumlah yang tepat pada pemakaian garam. Olahraga ringan juga dapat dilakukan seperti jalan, berenang, atau bersepeda. Ini untuk mengatur tingkat tekanan darah kita.

Ada berbagai pengobatan di rumah bagi orang penderita tekanan darah rendah yang bisa dicoba, antara lain:

Bila tekanan darah di atas atau di bawah normal, tentu akan berpengaruh pada kesehatan. Sebaiknya kita tetap menjaga agar tekanan darah normal. (*)