Find Us On Social Media :

Teknik Memasak Sehat

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 5 Juli 2012 | 07:00 WIB

Teknik Memasak Sehat

Intisari-Online.com – Nutrisi yang baik bukan hanya soal memilih makanan sehat. Cara kita memasak makanan juga berpengaruh terhadap nilai gizi dari makanan. Para ahli gizi mengatakan, metode memasak menentukan pula banyaknya zat gizi yang masih dapat dipertahankan dalam makanan yang akan dikonsumsi. Aturan sederhananya adalah, hindari metode memasak dengan penggunaan lemak yang berlebihan seperti digoreng.

Seperti apa caranya? Mari kita lihat beberapa teknik memasak yang bisa mempertahankan rasa dan gizi dari makanan.

Mengukus

Metode ini adalah memasak dengan menggunakan uap panas. Teknik memasak paling sederhana dan dapat digunakan untuk hampir semua jenis makanan. Caranya, air direbus dahulu. Uap yang muncul dimanfaatkan untuk mematangkan makanan yang ditaruh di atasnya. Bumbu dapat ditambahkan ke air untuk membumbui makanan yang sedang dimasak. Manfaat lain dari metode ini:

Stir-frying

Dalam metode ini, makanan dimasak di atas api sedang dan diaduk terus menerus. Hal ini membuat makanan tetap bagus dan renyah tanpa perlu banyak minyak. Sebab minyak yang digunakan tidak terlalu banyak.

Manfaat dari metode:

Memanggang

Makanan diletakkan di atas permukaan yang panas. Biasanya, bahan makanan yang digunakan dalam jumlah banyak. Pemanfaatan radiasi panas dalam metode ini bisa mematangkan daging dengan cepat. Tapi daging perlu dibumbui terlebih dahulu sebab akan ada banyak lemak yang menetes saat dimasak. Jangan lupa melakukan perawatan pada alat panggangan karena bisa dikaitkan dengan peningkatan risiko beberapa jenis kanker. Manfaat metode ini adalah memangkas kelebihan lemak dan membatasi jumlah minyak yang ditambahkan.

Pembakaran

Makanan ditempatkan di rak atau di wajan pemanggang atau diputar di alat panggang listrik (untuk memastikan panggangan tetap panas) dan terkena panas dari sumber panas api, oven, atau lainnya terbuka. Metode ini menyebabkan karamelisasai atau permukaan bahan menjadi cokelat dan ini dianggap sebagai penambah rasa. Saat membakar makanan, untuk menjaganya agar tetap sehat, tempatkan rak di wajan pemanggang sehingga lemak dari makanan bisa menetes, dan lapisi sedikit makanan dengan minyak zaitun.  Manfaat dari metode ini adalah memangkas lemak dan meminimalkan penggunaan minyak.

Pembakaran dalam oven