Find Us On Social Media :

Supaya Lebaran Tanpa Gangguan

By Arie Heraldin Hutama, Rabu, 8 Agustus 2012 | 13:15 WIB

Supaya Lebaran Tanpa Gangguan

Intisari-Online.com - Di bulan puasa jamak kita jumpai fenomena para pedagang di pinggir jalan yang buka menjelang saatnya berbuka puasa. Karena perubahan pola makan yang biasanya makan siang menjadi berbuka di saat bulan puasa, banyak orang yang memburu makanan pinggir jalan ini. Soalnya, untuk berbuka di rumah bagia pekerja kantoran di kota besar seperti Jakarta amat sulit.

Akan tetapi sadarkah Anda, makanan dan minuman yang Anda konsumsi tersebut tidak selamanya sehat untuk dikonsumi? “Sangat tergantung penjual itu mempersiapkannya. Seperti kalau kita mau makan ya cuci tangan, tapi kalau makanannya atau minumannya sudah terkontaminasi, ya tetap saja akan menimbulkan masalah dalam tubuh. Jadi, selain cuci tangan, kita juga harus pilih makanan dan minuman yang sehat, bersih, dan aman,” kata dr. R. Fera Ibrahim, M.Sc, Ph.D, SpMk dalam obrolan “Bersih dari Kuman Siap Menarik Kemenangan Fitri”, di Hotel Le Meridien (6/8).

Teliti dalam memilih makanan perlu ditegaskan sebab pedagang yang berjualan sangat banyak dan jenis dagangannya pun bermacam-macam. Jangan terpikat dari bentuk luarnya saja. Sebagai catatan, Indek Pembangunan Kesehatan Masyarakat (IPKM) menunjukan bahwa presentase rumah tangga yang berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) hanya 35,68 persen dengan kategori baik. Sedangkan perilaku benar mencuci tangan pakai sabun (CTPS) secara rata-rata nasional hanya 24,48 persen. Jadi, pilihlah makanan yang pengolahannya membuat kumat berbahaya mati.

Berkaitan dengan mudik Lebaran, dr. Fera mengingatkan untuk memperhatikan dan mewaspadai kuman yang ada di fasilitas umum. Ribuan orang yang berbarengan menuju ke kampung halaman tentu akan menyerbu fasilitas umum seperti toilet dalam perjalanan panjang mereka. Jangan sampai abai soal ini nanti pas Lebaran mengalami gangguan kesehatan.

Selain memperkuat daya tahan tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi, memilih makanan yang aman selama bulan Puasa dan mewaspadai penyebaran kuman di fasilitas umum selama perjalanan mudik, insya Allah Lebaran akan kita lalui dengan tanpa masalah. (*)