Find Us On Social Media :

6 Jus Buah yang Bermanfaat

By K. Tatik Wardayati, Senin, 18 Februari 2013 | 13:09 WIB

6 Jus Buah yang Bermanfaat

Intisari-Online.com – Buah sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Jus buah segar yang dibuat sendiri lebih bergizi bila dibandingkan dengan jus dalam kemasan. Selain memakai pengawet, rasa jus dalam kemasan tidak segar seperti jus buah yang baru saja dibuat. Anda tidak perlu menambahkan air atau gula dalam jus yang dibuat sendiri. Karena, penambahan ini justru akan menghilangkan manfaat nutrisi dari jus buah itu sendiri.

Berikut ini beberapa jenis jus buah serta manfaatnya bagi tubuh.

  1. Jus apel.

    Jus apel kaya akan vitamin B dan C. Jus ini juga kaya akan mineral seperti kalsium, fosfor, magnesium, dan kalium. Jus apel membantu mengobati gejala arthritis, menenangkan, dan membersihkan sistem pencernaan. Minuman ini juga efektif untuk mengobati sembelit dan diare.

  2. Jus aprikot.

    Jus aprikot mengandung banyak vitamin seperti vitamin B, C, dan K. Vitamin yang ditemukan dalam buah ini dipercaya dapat memperlambat penuaan. Minuman sehat ini juga baik untuk memperkuat tulang dan memberi vitalitas pada rambut dan kulit. Jus aprikot juga kaya zat besi yang baik untuk mengobati anemia dan masalah menopause.

  3. Jus blackberry.

    Jus ini banyak mengandung vitamin C dan E, antioksidan yang efektif dalam memerangi radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul yang merusak sel dan jaringan dalam tubuh dan dikaitkan dengan kanker serta penyakit jantung. Minuman ini juga berkhasiat mengontrol diabetes, membersihkan darah dan sering digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan dan diare. Kandungan kalsium di dalamnya juga dapat menguatkan tulang.

  4. Jus anggur.

    Anggur diketahui mengandung banyak vitamin dan mineral, termasuk kalsium, tembaga, yodium, zat besi, fosfor, dan kalium. Jus anggur juga dipercaya dapat membantu menyembuhkan penyakit seperti sembelit, penyakit jantung, retensi cairan, arthritis, TBC, masalah hati, wasir, dan berbagai alergi.

  5. Air jeruk lemon.

    Jeruk lemon banyak mengandung vitamin B dan C. Minuman ini dapat membersihkan pembuluh darah dan semua bagian dalam tubuh. Lemon juga bisa menghilangkan racun dan baik untuk kulit. Air jeruk lemon dapat mencegah pilek dan mengobati arthritis.

  6. Jus jeruk.

    Jus jeruk dianggap sebagai minuman yang baik untuk kekebalan tubuh. Jus jeruk mengandung vitamin B dan C, serta sejumlah mineral seperti magnesium, fosfor, kalsium, dan kalium. Minuman ini juga merupakan pembersih sistem tubuh serta mampu menenangkan sistem sarah, sehingga efekti mengobati kecemasan dan insomnia. Manfaat lain dari jus jeruk yaitu menurunkan berat badan.

Ingat, jus yang dibuat sendiri lebih sehat dan jangan tambahkan air atau gula ke dalamnya.