Find Us On Social Media :

Inilah Cara Ngopi Yang Sehat

By Tjahjo Widyasmoro , Senin, 15 April 2013 | 11:01 WIB

Inilah Cara Ngopi Yang Sehat

Intisari-Online.com - Tak semua orang suka minum kopi. Bisa jadi karena pada dasarnya tidak suka atau karena punya alasan kesehatan. Padahal ngopi bisa dinikmati tanpa harus abai dengan kesehatan. Bagaimana caranya?

Heri Setiadi, salah seorang ahli kopi, berbagi kiat kepada anggota i-KOOL Club, atau komunitas pengguna kaca film V-KOOL di La Tazza Cafe, Electronic City, Jakarta Selatan, (14/4). Pertama, kenalilah diri sendiri. Artinya bagaimana reaksi kopi terhadap tubuh kita. “Satu hal yang harus diperhatikan, jangan ngopi sebelum makan atau perut kosong,” jelas Heri.

Dalam sehari, seseorang juga sebaiknya tidak ngopi lebih dari empat cangkir. Jumlah maksimal adalah 180 ml kopi hitam jenis arabika atau setara dengan 600 ml kafein.

Antara jenis kopi arabika dan robusta juga berbeda tingkat keasamannya. Robusta memiliki tingkat keasaman dua kali lipat arabika. Seperti kita tahu, keasaman kopi ini dapat berpengaruh pada pencernaan.

Menurut Heri, ngopi paling asyik adalah jika dinikmati tanpa gula dan juga susu. Pemakaian gula dan susu selain “merusak” cita rasa kopi, juga dapat merugikan kesehatan dalam jangka panjang. Jadi, nikmati saja kopi hitam atau black coffee.

Terakhir, Heri menyarankan agar kita ngopi sambil tetap berolahraga.

Nah, selamat ngopi!