Find Us On Social Media :

Vitamin E Melindungi Jantung Mantan Perokok

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 1 Mei 2013 | 05:00 WIB

Vitamin E Melindungi Jantung Mantan Perokok

Intisari-Online.com – Para peneliti di Ohio State University menunjukkan pentingnya vitamin E untuk kesehatan jantung orang yang telah berhenti merokok. Ada peningkatan fungsi vaskular khususnya terkait dengan konsumsi vitamin E.

Hasil ini diketahui setelah mereka melakukan studi perokok yang diminta untuk berhenti selama tujuh hari. Setelah berhenti merokok, para peneliti menemukan peningkatan fungsi pembuluh darah sebesar 2,8 persen. Bagi mereka yang mengambil vitamin E dalam bentuk gamma-tokoferol, meningkatkan fungis pembuluh darah sekitar 1,5 persen.

Meskipun peningkatan fungsi pembuluh darah tampak kecil, tetapi dapat mengurangi risiko penyakti jantung sebesar 13 – 19 persen di masa mendatang, demikian dilansir Third Age.

“Penelitian jangka pendek ini menunjukkan hasil yang menjanjikan. Kami berharap mengembangkan terapi yang dapat meningkatkan fungsi jantung dan mengurangi risiko penyakit jantung di masa depan,” kata peneliti pada pertemuan Experimental Biology di Boston.

Sayangnya, vitamin E yang digunakan dalam penelitian ini bukanlah vitamin E yang tersedia secara bebas di pasaran. Vitamin E yang digunakan adalah gamma-tokoferol, sedangkan vitamin E yang dijual di pasar adalah alfa-tokoferol. Para peneliti akan meneliti lebih lanjut apakah hal yang sama berlaku untuk vitamin E yang bisa ditemukan di pasaran.