Find Us On Social Media :

Tulang Kuat Tak Hanya Karna Susu

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 11 Mei 2013 | 06:00 WIB

Tulang Kuat Tak Hanya Karna Susu

Intisari-Online.com – Orangtua selalu menyarankan anak-anak mereka untuk mengonsumsi susu demi kesehatan tulang. Namun, penelitian terbaru menyebutkan bahwa makanan lain seperti biji labu, cokelat hitam, almond, dan salmon juga ampuh untuk memperkuat tulang.

Penelitian ini dilaporkan dalam pertemuan rutin Pediatric Academic Societies di Washington, DC. Menurut peneliti, makanan kaya magnesium juga berperan penting dalam pembentukan tulang.

“Nutrisi yang cukup untuk anak-anak adalah kunci memiliki tulang yang kuat. Nah, salah satu nutrisi yang harus dipenuhi adalah magnesium,” kata penulis utama penelitian, Dr. Steven Abrams, dari Baylor College of Medicine di Houston.

Ia menambahkan kalsium memang penting, tapi magnesium sama pentingnya dalam memperkuat tulang. Magnesium menjadi salah satu nutrisi yang dibutuhkan untuk tulang kuat orang dewasa. Rupanya magnesium juga perlu dikonsumsi oleh anak-anak dalam membentuk mineral di tulang.

Seperti dilansir Daily Mail, sebanyak 63 anak berusia antara empat dan delapan tahun dilibatkan dalam penelitian ini. Asupan kalsium dan magnesium mereka diawasi. Hasilnya, tingkat magnesium yang dikonsumsi dan diserap oleh tubuh ternyata menjadi peramal utama kekuatan tulang pada anak-anak.