Find Us On Social Media :

Pendidikan Seks Tak Mampu Cegah Seks Pranikah

By Ade Sulaeman, Jumat, 13 Juni 2014 | 19:15 WIB

Pendidikan Seks Tak Mampu Cegah Seks Pranikah

Intisari-Online.com - Pendidikan seks tidak mampu mencegah seks pranikah, hal ini terlihat dari perilaku remaja kian permisif terhadap seksualitas.

Meski telah memiliki pengetahuan tentang infeksi menular seksual dan setuju bahwa hubungan seks tak boleh dilakukan sebelum menikah, jumlah remaja yang berhubungan intim pranikah tetap tinggi.(Baca juga: Wanita Sulit Orgasme Saat Lakukan Seks Pranikah

Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Agustin Kusumayanti memaparkan hal itu pada seminar bertema ”Remaja Berkualitas, Indonesia Sejahtera” dalam rangka Hari Keluarga Nasional, Kamis (12/6), di Surabaya.

Acara itu juga dihadiri Guru Besar Psikologi Universitas Surabaya Jatie K Pudjibudojo dan Deputi Keluarga Sejahtera dan Pembangunan Keluarga Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sudibyo Alimoeso.

Agustin mengatakan, pendidikan seks tidak mampu mencegah seks pranikah. Atau dengan kata lain tidak ada korelasi sikap dan pengetahuan remaja seputar hubungan seksual pranikah dengan perilaku seksual yang ditunjukkannya.

Berdasarkan data Sensus Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) 2012, sebanyak 8,3 persen remaja laki-laki dan 1 persen remaja perempuan berusia 15-24 tahun telah berhubungan seks pranikah. Mereka kebanyakan tinggal di perkotaan.(Baca juga: Remaja Pelaku Seks Bebas Rentan Berpikir untuk Bunuh Diri

Padahal, remaja itu memiliki pengetahuan tentang pubertas, HIV/AIDS, dan penyakit infeksi menular seksual (IMS). Bahkan, lebih dari 80 persen dari total populasi remaja yang disensus menyatakan tidak setuju dengan perilaku seks pranikah.

Namun, ternyata perilaku seksual mereka tak berbanding lurus dengan pengetahuan dan sikapnya, pendidikan seks tidak mampu mencegah seks pranikah. Pegangan tangan, berciuman, hingga saling bersentuhan merupakan beberapa hal yang biasa dilakukan sebagian remaja ketika berpacaran. (kompas.com)